Bupati M Al Khadziq : Anggaran PPKM Mikro Bisa Gunakan Dana Desa

Bupati Temanggung M Al Khadziq.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Anggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro atau PPKM Mikro bisa menggunakan Dana Desa (DD) atau dimasukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

“Untuk tingkat desa bisa menggunakan dana yang ada di desa, seperti DD atau APBDes,” kata Bupati Temanggung M Al Khadziq, Selasa (16/2).

Sementara itu, untuk pelaskanaan PPKM skala Mikro di tingkat kelurahan maka anggarannya akan diambilkan dari APBD kabupaten.

“Berbeda dengan desa atau kelurahan anggarannya dari APBD Kabupaten,” terangnya.

Dikatakan, pelaksanan PPKM Mikro ini fokusnya masih sama yakni pencegahan dan penanganan, pembatasan kegiatan masyarakat, serta pengendalian dan pengawasan.

PPKM Mikro ini memang berbeda dengan PPKM sebelumnya. PPKM Mikro ini akan terfokuskan di tingkat desa, dusun, RW hingga RT. Bahkan mereka semua juga diminta untuk membuka posko sendiri.

“Tidak berbeda jauh dengan PPKM sebelumnya, hanya saja skalanya yang lebih kecil yakni di tingkat desa atau kelurahan,” terangnya.

Menurutnya, dalam PPKM Mikro tidak akan dilakukan pengendalian secara ketat kecuali ada warga yang terkonfirmasi. Namun demikian satgas penanganan Covid-19, jogo tonggo dan elemen masyarakat lainnya tetap ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan PPKM Mikro ini.

Baca Juga
Yang Baik Diingat, yang Jelek Ditinggalkan, Sigit dan Windarti Pamitan pada Warga

“Pengetatan dilakukan tergantung kondisinya. Jika ada salah satu warga yang terkonfirmasi di salah satu RT maka RT itu yang dilakukan pengetatan ataupun lockdown,” tukasnya.

Bupati menargetkan kegiatan PPKM skala Mikro dapat mulai berjalan efektif tujuh hari ke depan. Hal ini dilakukan guna semakin cepat menekan laju Covid-19 yang hari ini masih belum bisa dikendalikan dengan sempurna.

“Saya menargetkan seminggu kedepan PPKM mikro di Temanggung dapat terlaksana efektif di semua tingkatan,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Siap Panen, Petani Temanggung Masih Menunggu Kepastian Pabrikan Beli Tembakau

Semakin cepat dilaksanakan, maka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Temanggung bisa lebih maksimal. Dengan harapan ke depan Covid-19 bisa benar-benar dikendalikan penyebarannya.

“Harus bersama-sama dalam menjalankan program ini, dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk keberhasilan PPKM Mikro ini,” tandasnya.(set)