Pelantikan Dewan Ambalan SMKN 3 Magelang di Tengah Pandemi

Pelantikan Dewan Ambalan SMK Negeri 3 Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Gugus Depan 02.146 Sekar Kedaton dan Gugus Depan 02.147 Panglima Kedaton pangkalan SMK Negeri 3 Magelang mengadakan acara pelantikan Dewan Ambalan masa bakti 2020-2021.

Pelantikan ini dilaksanakan Senin (15/02) di ruang aula SMK Negeri 3 Magelang yang dihadiri 4 Pembina Pramuka, 3 calon Dewan Ambalan dan 8 Dewan Ambalan.

Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran sekolah.
Pelantikan Dewan Ambalan merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh anggota Dewan Ambalan. Tujuan dari kegiatan ini untuk menyaring kader terbaik dari seluruh siswa SMK Negeri 3 Magelang dan untuk melanjutkan tugas sebagai dalam kepengurusan kepramukaan SMK Negeri 3 Magelang.

Untuk dapat melalui proses pelantikan ini, seluruh calon Dewan Ambalan harus menyelesaikan tugas yang dimuat dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara. SKU tersebut memuat 5 unsur pengembangan yaitu Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik.

Reza Pahlewi SPd mewakili Pembina Pramuka mengatakan terima kasih kepada Dewan Ambalan masa bakti 2020 dan selamat datang kepada Dewan Ambalan masa bakti 2021. Pelantikan ini diharapkan adik-adik yang berada dalam Dewan Ambalan akan semakin solid. Selalu kompak bahu membahu membangun pramuka SMK Negeri 3 Magelang lebih maju, kreatif dan inovatif dengan dilantiknya tenaga-tenaga baru. Adik-adik juga diharapkan untuk bersunguh-sungguh dalam melaksankan tangungjawab yang telah diucapkan dalam Dasa Darma Pramuka.

“Semua kegiatan kepramukaan SMK Negeri 3 Magelang tetap berjalan begitu pula dengan kegiatan rutin setiap Jumat. Kegiatan kepramukaan SMK Negeri 3 Magelang sudah menggunakan aplikasi Moodle yang akan mempermudah dewan ambalan memberikan materi dan pramuka regular dapan mengakses materi yang di sampaikan,” jelasnya.

Upacara pelantikan Dewan Ambalan tersebut dilakukan dengan menyematkan tanda dewan ambalan pada pundak calon Dewan Ambalan yang dilantik. Peserta calon Dewan Ambalan menyematkan tanda dewan ambalan sendiri pada pundak masing-masing. Hal tersebut sebagai simbol bahwa mereka telah siap untuk mengemban tanggungjawab yang akan dilaksakan. Sebelumnya calon dewan ambalan juga harus menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh pembina upacara.

Pertanyaan tersebut harus dijawab dengan tegas dan jelas
Aini Wfiroh mewakili dewan ambalan kelas XII menyatakan harapannya setelah kegiatan pelantikan ini agar dewan ambalan baru lebih aktif, inovatif dalam setiap kegiatan dan memiliki rasa tanggungjawab dalam mengemban tugas meskipun dalam kondisi pandemi.

“Semoga rasa solidaritas lebih dapat ditingkatkan, semakin bertanggungjawab dalam setiap tugas yang diberikan, taat terhadap aturan yang ada,” ujar Umi Arifah mewakili dewan ambalan kelas XI.

Umi juga menambahkan bahawa ingin menjadi tauladan yang baik untuk siswa yang lain serta ingin mengukir prestasi baik dalam pelajaran maupun dalam kepramukaan membawa nama baik SMK Negeri 3 Magelang. (adv/tim jurnalistik skaniga/nurul Istiqomah)