Bersinergi dengan MPKU PDM Kota Magelang, SMP Mutual Lakukan Monitoring Kesehatan Secara Berkala

Bersinergi dengan MPKU PDM Kota Magelang, SMP Mutual Lakukan Monitoring Kesehatan Secara Berkala

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Poliklinik yang dikelola di bawah Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) PDM Kota Magelang, selalu bersinergi dengan sekolah-sekolah Muhammdiyah untuk memonitoring bagaimana kelayakan kesehatan di setiap sekolah Muhammadiyah. Salah kegiatannya adalah kunjungan ke SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Rabu( 10/2) lalu.

Kerjasama ini dilakukan untuk memonitoring kondisi kesehatan para guru dan karyawan serta lingkungan sekolah yang sehat.

Wasi’un, M PdI, Kepala SMP Mutual mengatakan saat ini meskipun pandemi, para guru karyawan 100% masuk. Hanya saja kaitannya protokol kesehatan kita utamakan. Cek kesehatan juga perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi para guru.

“Kita selalu mengingatkan bapak ibu guru karyawan tetap patuhi protokol kesehatan. Setiap masuk lingkungan sekolah wajib cuci tangan, pakai masker dan tidak berkerumun,”jelasnya.

Dikatakan, setiap guru juga tidak berkerumun dikantor. Pasalnya, guru diposkan di setiap kelas dengan petugas 1 sampai 2 guru. Selain itu, beberapa waktu lalu sebagai langkah antisipasi juga diadakan tes repid antigen.

“Alhamdulillah, semua guru karyawan negatif. Meskipun hasil cek tidak menjamin. Namun ini adalah langkah ikhtiar kami,”ujarnya.

Baca Juga
Polres Magelang Bongkar Kasus Aborsi, Amankan Sepasang Mahasiswa Asal Purworejo dan Dukun yang Membantunya

Dengan hadirnya monitoring dari MPKU, sekolah dicek dari sisi kelayakan suasana lingkungan yang sehat. Hadir pula dari Poliklinik Muhammdiyah dokter yang memang memiliki keahlian.

“Insya Allah monitoring seperti ini dilaksanakan sebulan sekali. Terimakasih kepada MPKU PDM Kota Magelang dan dokter Poliklinik Muhammdiyah yang berkenan untuk bersinergi dalam ikhtiar menjaga kesehatan, terlebih dimasa pandemi saat ini”, paparnya.

Terpisah, H. Saseno, M. Kes selaku Ketua MPKU PDM Kota Magelang mengatakan bahwa program atau gerakan kesehatan yang dicanangkan oleh MPKU PDM Mgl merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Beberapa gerakan seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dapat menjadi sebuah gerakan yang sukses dengan dukungan promosi kesehatan.”Tujuan promosi kesehatan yang utama adalah memberikan informasi pada tingkatan lebih lanjut dapat memicu kesadaran masyarakat mengenai program atau gerakan yang tengah dicanangkan oleh MPKU,”tandasnya. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Dinilai Minim Sosialisasi, Anggota Dewan Kota Magelang Minta Satgas Covid-19 Gencar Edukasi Pasien Isoman