Tiket Masuk Candi Borobudur Bakal Naik

Caption : General Manager (GM) PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) I Gusti Putu Sedana.

MAGELANGEKSPRES.COM,BOROBUDUR – Terdapat wacana menaikan tarif tiket masuk Candi Borobudur sebagai salah satu upaya untuk membatasi jumlah wisatawan yang naik ke Candi Borobudur. Hal ini disampaikan GM PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) I Gusti Putu Sedana.

“Wacana tersebut dari Balai Konservasi Borobudur terkait bagaimana cara mengurangi beban Candi Borobudur. Dengan demikian maka struktur batuan Candi Borobudur tetap awet dan bertahan lebih lama karena terdapat pengurangan jumlah pengunjung. Untuk mengurangi pengunjung yang naik ke Candi Borobudur, salah satunya dengan menaikan harga tiket,” ucap Putu, Rabu (10/2/2021).

Putu menerangkan, saat ini harga tiket masuk Candi Borobudur Rp 50 ribu. Pada masa pandemi Covid 19 ini, terdapat pembatasan waktu dan terdapat aturan wisatawan tidak diperbolehkan naik Candi Borobudur. Hal ini mengingat, batu candi harus disemprot cairan disinfektan sesuai himbauan WHO. Bila terkena cairan tersebut terus menerus maka akan berpengaruh ke batuan candi.

“Pembatasan waktu berkunjung ke Candi Borobudur mulai pukul pagi 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Kemudian istirahat dan kembali dibuka 12.30 WIB sampai 17.00 WIB. Itupun wisatawan tidak boleh naik ke badan Candi Borobudur, hanya diperbolehkan di pelatarannya saja paling dekat jarak satu meter dengan Candi Borobudur,” terang Putu.

Adapun wacana rencana kenaikan tarif tiket masuk Candi Borobudur akan disamakan dengan tarif wisatawan mancanegara yaitu 25 Dollar. Namun Putu mengaku belum tahu kapan hal tersebut direalisasi.

“Akhirnya kami harus mencari kualitas kunjungan, bukan kuantitas kunjungan, agar batuan Candi Borobudur lebih awet tidak menanggung banyak beban,” tandas Putu.(cha)

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Artikel Menarik Lainnya :  Pansus VI DPRD Kota Magelang Tuntaskan Penyesuaian RPJMD 2021-2026