SMKN 3 Launching Cafe Skaniga

TUMPENG. Endri Aribowo SSn (Waka Humas Hubin) secara simbolis mnyerahkan potongan tumpeng kepada Januwijarti SPd (K3 Tata Boga) utk mengelola dan mengembangkan Cafe Skaniga.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Kemarin, Selasa (09/02), SMK Negeri 3 Magelang mengadakan syukuran grand opening Cafe Skaniga di halaman depan sekolah dekat dengan Citra Mart. Acara tersebut dihadiri Wakasek Humas Hubin Endri Aribowo SSn, perwakilan dari Tata Usaha, Guru Naswil, dan Ketua Kompetensi Keahlian Tata Boga, Tata Kecantikan, Tata Busana, Multimedia, dan Perhotelan. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan doa bersama.

Endri Aribowo SSn pada sambutannya mewakili tim manajemen SMK Negeri 3 Magelang menyatakan bahwa Cafe Skaniga dibuka pada hari Selasa, 9 Februari 2021 dengan harapan menjadi sarana dan prasarana untuk pembelajaran siswa-siswinya. Selain itu mampu meningkatkan kompetensi yang berkaitan dengan sekolah pencetak wirausaha .

Keunikan dari Cafe Skaniga yaitu pada desain bangunannya dengan konsep Open Khitchen yang dimaksudkan agar masyarakat tahu bagaimana cara siswa-siswi memproduksi aneka macam roti dengan kreativitas dan menerapkan sanitasi higienis secara benar. Di samping itu semua proses dapat terlihat langsung mulai dari prepare, pembakaran hingga penyajian.

“Cafe Skaniga dikelola oleh siswa dengan guru sebagai pendamping, sehingga siswa yang mengerjakan dan guru yang mengontrol,” terangnya.

Di Cafe Skaniga disediakan aneka macam Roti, mulai roti pisang, roti boy, roti coklat, roti manis, roti pizza dan masih banyak lagi jenis roti lainnya. Tak hanya itu, juga menyediakan barbagai macam jus, kopi dan minuman-minuman tradisional.

“Sarana Pembelajaran siswa dalam berwirausaha, memfasilitasi siswa dan masyarakat secara umum agar mendapat makanan yang enak. Selain tempatnya bersih dan nyaman untuk nongkrong, di samping itu memudahkan bapak ibu guru memenuhi kebutuhan kuliner sehingga tidak harus jajan di luar. Harapan ke depan dapat melayani banyak konsumen dan  memperluas dapur sehingga dapat memproduksi jenis-jenis makanan lainnya,” pungkas Suko Retno Palupi SPd, salah satu guru SMK Negeri 3 Magelang.

Artikel Menarik Lainnya :  Meski Virtual, PKM UGM di SMKN 2 Temanggung Tetap Maksimal

“Menyiapkan siswa yang terlatih dari kelas XII dan kelas XI, selain itu menyipkan tempat dan alat produksi secara maksimal sehingga tercipta makanan yang berkualitas, di sisi lain kendala yang dihadapi adalah waktu, karena sementara ini jam operasional adalah jam kerja sekolah yaitu hari Senin sampai Jumat. Sehingga hari Senin tidak bisa menyiapkan produk secara langsung maka dari itu siswa harus datang hari Minggu untuk membuat stok produk hari senin,” tutur Rudi Haryanto, SPd, Guru PKK SMK Negeri 3 Magelang.

“Bangga, senang bisa terjun langsung membuat aneka macam roti dan manambah ilmu sehingga setelah lulus dapat mengembangkan wirausaha sendiri di rumah dengan menerapkan ilmu-ilmu yang selama ini saya dapat di sekolah,” ucap Aji Bagus Prayogo, salah satu siswa.

Trik Cafe Skaniga dikenal secara umum dengan melakukan promosi yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9-11 Februari 2021 dan sebentar lagi akan launching Instagram khusus milik Cafe Skaniga.

Selain itu juga dilakukan promosi secara langsung ke beberapa kantor terdekat, di samping promosi secara online sehingga antusias masyarakat sudah terlihat di hari pertama. (adv/tim jurnalistik skaniga/eni)