Rayakan HPN dengan Ziarah ke Makam Tokoh Pers

ZIARAH. PWI Kota Magelang menggelar ziarah ke makam tokoh pers memperingati HPN ke-75 tahun 2021

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang merayakan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021, dengan cara sederhana. Belasan jurnalis yang bertugas di Kota Sejuta Bunga itu memilih memperingati HPN dengan berziarah ke makam tokoh pers.

Ziarah digelar di makam Bambang Haryono, mantan wartawan RRI Jogjakarta, Kedaulatan Rakyat, dan Bernas yang berada di Pemakaman Umum Nglarangan, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Selasa (9/2). Sedangkan anggota PWI lainnya berziarah ke makam mantan Menteri Penerangan, Boedihardjo di Dusun Tingal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Ketua PWI Kota Magelang Wiwid Arif mengatakan makna ziarah ini adalah untuk mengambil spirit dan meneladani tokoh pers dalam menjalankan tugas jurnalistik. Sebab, para tokoh pers terdahulu telah memberi contoh dan bisa diterapkan terhadap para insan pers terutama wartawan baru.

“Makna ziarah ini untuk meneladani almarhum, juga menyambung silaturahmi dengan keluarga. Selain itu juga untuk mengingat kepada diri sendiri bahwa kita juga akan menempati dalam tanah,” katanya.

Baca Juga
Kontingen Kota Magelang Ditarget Masuk 10 Besar, Porprov Jawa Tengah 2022

Ia menjelaskan, di tengah pandemi ini, pihaknya telah merancang kegiatan meramaikan HPN. Namun dengan meminimalisir kerumunan dan memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara itu, Putra almarhum Bambang Haryono, Ambang Haryono mengaku apresiasi dengan kegiatan yang digagas PWI Kota Magelang ini. Dia berharap, tidak hanya momentum HPN saja, tetapi hubungan baik antara insan pers dan keluarganya akan terus terjalin.

“Kita harapkan tali silaturahmi ini akan terus tersambung, antara kami dengan PWI Kota Magelang,” ujarnya.

Selain ziarah ke makam para senior, Panitia HPN PWI Kota Magelang tahun 2021 tengah menyiapkan kegiatan bakti sosial di Pondok Pesantren Selamat, Kota Magelang.

Artikel Menarik Lainnya :  Gus Yusuf Usulkan Ada Tim Siber Nyari Orang Lapar

“Menurut rencana kami juga akan menggelar talkshow PWI secara live melalui YouTube dan lomba foto dan video bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Tema lomba video dan foto yakni Pers, Prokes, dan Kebangkitan Ekonomi,” imbuh Ketua Panitia HPN 2021, Agus Hadianto.

Hadianto menjelaskan, kegiatan ziarah dan anjangsana rutin dilakukan setiap tahun dalam peringatan HPN.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari,” urainya.

Ia mengatakan, ziarah juga digelar di makam tokoh pers Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan RI 1968-1973 di era kepemimpinan Presiden Soeharto.

Dia berharap dengan kegiatan tersebut, para wartawan muda khususnya yang bertugas di Magelang Raya (Kota dan Kabupaten Magelang), untuk tidak melupakan sejarah yang ada.

“Para wartawan masa kini harus bisa mengambil inspirasi dari wartawan senior. Hal ini penting agar wartawan bisa memberitakan secara objektif dan tidak memihak kepentingan tertentu,” katanya. (wid)