Kontingen Kota Magelang Ditarget Masuk 10 Besar, Porprov Jawa Tengah 2022

LATIHAN. Puluhan atlet Kota Magelang mengikuti pemusatan latihan fisik di GOR Samapta kompleks Gelora Sanden, jelang ajang Pra Porprov dan Porprov Jawa Tengah nanti.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang mulai mempersiapkan atlet yang akan berlaga di ajang Pra Porprov 2021 dan Porprov Jawa Tengah 2022. Puluhan atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) dilatih kesiapan fisik tahap pertama di GOR Samapta, Gelora Sanden, Selasa (9/2).

Ketua KONI Kota Magelang, Subarkah mengatakan, kedua ajang olahraga ini akan digelar mulai tahun 2021 dan 2022. Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu mengadakan latihan khusus bagi para atlet yang akan bertanding nantinya.

“Selama dua hari dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kami memusatkan latihan fisik para atlet 9-11 Februari dan periode kedua pada 15-17 Februari nanti,” kata Subarkah.

Menurutnya, latihan ini bukan didasari rencana target kontingen Kota Magelang di dua ajang itu nantinya. Melainkan sebuah keseriusan KONI untuk melatih para atlet, sehingga siap fisik dan mental ketika berlaga.

Baca Juga
Unimma Angkat Manajemen Madrasah

“Apapun Kondisinya dan apapun materinya kami harus optimis mempersiapkan atlet untuk Pra Porprov Jateng 2021 dan Porprov Jateng 2022. Apalagi target Kota Magelang pada Porprov 2022 masuk 10 besar Jateng,” ucapnya.

Ia menjelaskan, aturan beberapa cabor tidak sama. Seperti bulutangkis, katanya, mengharuskan kontingen lolos di laga Pra Porprov Rayon Kedu, sebelum bisa dipertandingkan di tingkat Porprov Jawa Tengah.

“Cabor lainnya seperti sepakbola, voli, taekwondo, dan sebagainya harus lolos delapan besar kejuaraan daerah (kejurda). Karena itu, puluhan atlet dari sekitar 27 cabor harus mengikuti tes fisik. Hal itu untuk mengukur kemampuan fisik dasar semua atlet,” imbuhnya.

Setelah itu, lanjut Subarkah yang menjabat Kabid Olahraga Kantor Disporapar Kota Magelang itu, pihaknya akan membentuk tim bayangan sekaligus memusatkan latihan lagi.

Artikel Menarik Lainnya :  Belasan Ribu Warga Kota Magelang Terima Bansos, Disalurkan di Tengah PPKM Darurat

Sekadar diketahui, prestasi yang diraih Kontingen Kota Magelang pada Porprov Jateng 2018 menduduki urutan 16. Pada Porprov 2022 Walikota Sigit Widyonindito memasang target Kota Magelang masuk 10 besar Jateng. (wid)