Harga Cabai Sret Merah di Temanggung Melonjak Drastis

LAYANI PEMBELI. Salah satu pedagang sayur di Pasar Kranggan sedang melayani pembeli.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Harga cabai di pasaran terus mengalami kenaikan. Saat ini yang tertinggi yakni cabai sret merah (setan merah) menjadi cabai termahal dengan harga jual mencapai Rp75.000 per kilogram.

“Sudah lebih dari dua pekan terakhir ini, cabai setan merah harganya stabil di harga Rp75.000 per kilogram,” ungkap Zainatun (53) salah satu pedagang sayur di Pasar Kranggan, kemarin.

Padahal katanya, harga normal dari cabai sret ini hanya Rp30.000 per kilogram. Namun karena kondisi saat ini pasokan dari petani sangat minim, maka harga cabai sret ini terus mengalami kenaikan harga.

Menurutnya, kenaikan harga cabai sret ini bertahap, sejak bulan Desember 2020 lalu. Awalnya naik Rp5.000 per kilogram, kemudian terus mengalami kenaikan hingga menjadi Rp75.000 per kilogram dan bertahan hingga saat ini.

“Harga saat ini jika dibandingkan dengan harga normal sangat jauh, kebutuhan masyarakat terus ada sedangkan pasokan dari petani minim. Kondisi ini yang mungkin menyebabkan kenaikan harga jual dari cabai ini,”tuturnya.

Baca Juga
Dukung Gerakan “Jawa Tengah di Rumah Saja”, PemkabTemanggung Batasi Pasar Buka hingga Pukul 12.00

Selain cabai sret merah, tutur Zainatun, cabai jenis lainnya harganya juga terus naik, seperti cabai keriting merah saat ini harga jualnya mencapai Rp60.000 per kilogram. Padahal sebelumnya hanya berada dikisaran antara Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

“Untuk harga cabai keriting merah ini memang harganya lebih stabil jika dibandingkan dengan harga cabai jenis lainnya, tapi sekarang harganya juga sedang mahal. Untuk harga cabai keriting hijau saat ini hanya Rp26.000 per kilogram,”ujarnya.

Ia mengaku, mendapatkan barang dagangan dari berbagai jenis sayur dan cabai ini dari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, karena saat ini sayuran lokal dari Temanggung sendiri masih sangat minim.

Artikel Menarik Lainnya :  DKPPP Temanggung Temukan Cacing dan Hepatitis Pada Sejumlah Hewan Kurban

Trismiyati (50) pedagang sayuran lainnya menambahkan, sebagian besar sayuran saat ini harganya memang sedang mengalami kenaikan, karena saat ini tidak semua sayuran yang ditanam petani bisa dipanen dengan kualitas bagus.

“Kalau saat musim penghujan seperti ini, sayuran memang mahal. Panen tidak bisa maksimal,” tuturnya.

Sejumlah sayuran yang saat ini harganya masih terus mengalami kenaikan diantaranya, buncis Rp12.000 per kilogram. Harga ini naik dari harga sebelumnya Rp8.000 sampai Rp9.000 per kilogram.

Selain itu wortel harga jualnya saat ini Rp8.000 per kilogram, kentang Rp13.000 per kilogram, kubis Rp7.000 sampai Rp8.000 per kilogram. Sedangkan harga tomat saat ini hanya Rp5.000 per kilogram.

“Selain cabai kenaikan harganya tidak begitu banyak antara Rp2.000 sampai dengan Rp4.000, tergantung pasokan, permintaan dan kualitas dari sayuran sendiri,”tandasnya.(set)