PDAM Tirta Aji Menuju Transformasi Pelayanan Digital

HUT. PDAM gelar konferensi pers dan acara tasyakuran HUT ke-45 PDAM Tirta Aji di Ruang Rapat Direksi, setempat, Rabu (3/2).

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Hadapi tantangan zaman, PDAM Tirta Aji Wonosobo siap melakukan tranformasi digital untuk memaksimalkan pelayanan.

“Transformasi pelayanan digital musti dilakukan untuk menjawab tantangan zaman,” ungkap Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo, Mochammad Sjahid, kemarin.

PDAM gelar konferensi pers dan acara tasyakuran HUT ke-45 PDAM Tirta Aji di Ruang Rapat Direksi, setempat, Rabu (3/2). Turut mendampingi Dirut, Direktur Adminustrasi dan Keuangan (Dirak) Nur Aziz dan sejumlah Kepala Seksi PDAM Tirta Aji.

Menurutnya, tranformasi pelayanan digital belum banyak dilakukan. Bahkan di Indonesia baru dua PDAM yang menggunakan aplikasi billing sistem, yakni PDAM Malang dan PDAM Tirta Aji Wonosobo.

Menurutnya, melalui aplikasi billing sistem, segala pelayanan pembayaran tarif air dilakukan secara online, di mana dan kapan saja. Aplikasi digital tersebut akan memberi kemudahan, kecepatan dan transparansi bagi pelanggan air bersih.

“Sistem ini memang akan membawa konsekuensi terhadap pengurangan peran karyawan. Karena semua sudah terintegrasi dalam satu sistem online yang secara langsung bisa dilakukan pelanggan,” katanya

Untuk mendukung hal tersebut, penyiapan tenaga ahli tehnologi informasi (IT) sudah disiapkan. Tenaga ahli IT dari kalangan milenial yang diharapkan bisa mengawal billing sistem berjalan lancar.

Baca Juga
Pasar dan Objek Wisata di Wonosobo Ditutup Total Selama Dua Hari

“Dalam tiga sampai empat bulan ke depan, PDAM Tirta Aji insya Allah sudah punya server sendiri secara mandiri,” bebernya.

Dalam proses peralihan aplikasi pelayanan ini mungkin akan ada sedikit hambatan yang dialami pelanggan. Tapi selanjutnya dijamin akan berjalan secara lancar.

Dikatakan Dirut, PDAM Tirta Aji kini memiliki 102.107 pelanggan yang tersebar di 15 Kantor Cabang. Hanya di wilayah Kecamatan Kalibawang yang belum dapat teraliri air bersih. Namun ke depan diusahakan semua daerah dapat terlayani persediaan air bersih.

Artikel Menarik Lainnya :  Permintaan Donor Plasma Makin Tinggi, Pemkab Siap Fasilitasi Covid Ranger

“Di Jawa Tengah jumlah pelanggan PDAM Tirta Aji merupakan yang terbesar kedua setelah PDAM Kota Semarang. Dari sejumlah pelanggan tersebut, ada sekitar 42 ribu pelanggan yang merupakan kelompok masyarakat miskin,” katanya.

Dalam memenuhi tersedianya pelayanan air bersih, pihaknya kini akan terus melakukan penambahan sumber air bersih di berbagai tempat. Sehingga cakupan pelayanan air bersih akan bertambah luas. ( gus)