Baznas Temanggung Salurkan 10.000 Alquran pada Sejumlah SD

BANTUAN. Penyerahan secara simbolis bantuan Alquran di kantor Disdikpora Temanggung, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung memberikan bantuan berupa Al-Qur’an, buku tuntunan salat, dan kebutuhan lainnya kepada sejumlah sekolah dasar (SD) di Temanggung. Bantuan tetap diberikan meskipun saat ini masih dalam masa pembelajaran di rumah.

Ketua Baznas Temanggung, Djundardo menyebutkan, Al-Qur’an yang diperbantukan kepada siswa SD yakni sebanyak 10.000 eksemplar.Lalu buku tuntunan salat lengkap sebanyak 12.300 eksemplardan Buku Iqra sebanyak 12.300 eksemplar yang diberikan kepada 400-an SD yang ada.

“Bantuan ini akan didistribusikan langsung ke SD-SD yang tersebar di Kabupaten Temanggung,”terangnya usai menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut, Rabu (3/2).

Djundardo mengungkapkan, pada penyaluran bantuan ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Temanggung. Bantuan akan didistribusikan melalui kordinator wilayah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) yang ada di kecamatan-kecamatan.

“Setiap sekolah nantinya mendapatkan 30 eksemplar buku Iqra’, 30 eksemplar buku tuntunan salat, dan 23 Al-Qur’an,”terangnya.

Kepala Dindikpora, Suyono menambahkan, bantuan akan diberikan kepada SD-SD yang memang sangat membutuhkan. Ia mengaku akan mendistribusikan bantuan dengan semaksimal mungkin melalui kepanjangan tangan yang ada disetiap kecamatan, sehingga distribusi bantuan ini akan lebih mudah dan cepat.

Ia berharap, dengan bantuan ini siswa SD bisa lebih memahami dan belajar agama, terutama Al-Qur’an. Sehingga saat lulus SD nanti sudah bisa membaca AL-Qur’an.

“Gagasan kami bahwa kelas 5 SD bisa khatam Al-Qur’an, sehingga perlu bimbingan yang optimal dari guru. Dengan harapan, nantinya bisa mencetak anak yang saleh,” terangnya.

Menurutnya, dengan program membaca Al-Qur’an setiap harinya, dapat meningkatkan kompetensi siswa serta menjadikan siswa berprofil pancasila. Misalnya dengan program rutinitas membaca Al-Qur’an sesaat sebelum pembelajaran di sekolah dimulai.

Artikel Menarik Lainnya :  Polres Temanggung Bantu Percepatan Vaksinasi ke Warga

Ia juga berharap, dengan modal dasar melalui bantuan tersebut, dapat membantu siswa menjadi orang yang berpikir kritis, berbudi luhur dan berwawasan luas.

“Kami berharap genarasi lulusan SD, lulus sekolah dasar berbekal Al-Qur’an,” tuturnya.(set)