Akademi Militer Terima 425 Taruna Baru Tahun 2021

TARUNA BARU. Prosesi penerimaan taruna tingkat 1 Akademi Militer berpangkat Koptar dilangsungkan di tengah guyuran hujan deras,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Upacara Pembukaan Pendidikan Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang Tingkat 1, berlangsung khidmat kendati diguyur hujan deras, Senin (1/2). Upacara ini menjadi tanda diterimanya para taruna seusai menjalani Pendidikan Dasar Keprajuritan Integrasi Chandradimuka.

Gubernur Akmil, Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso tetap memimpin prosesi upacara meskipun hujan mengguyur deras. Seolah tak memedulikan apapun, jenderal bintang dua itu konsisten menebar motivasi kepada para taruna baru.

Taruna Tingkat 1 di Akmil sendiri terdiri dari 425 taruna. Tidak ada satupun dari mereka yang absen di acara seremonial tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada para taruna Akmil. Kalian harus bersyukur bisa melanjutkan pendidikan di sini, betapa Akmil ini begitu selektif memilih putra putri terbaik bangsa ini,” kata Totok.

Menurutnya, taruna Akademi Militer adalah generasi muda terpilih dari seluruh penjuru Tanah Air. Tidak hanya dipilih secara akademis saja, tapi fisik dan mental juga menjadi penilaian serius.

Baca Juga
Masih Siaga, 265 Pengungsi Merapi Boleh Pulang Sementara

Sebelum diterima sebagai taruna, mereka terlebih dahulu harus mengikuti pendidikan integrasi “Kawah Chandradimuka” di Akademi TNI hingga berhasil naik pangkat dari Prajurit Taruna (Pratar) menjadi Kopral Taruna (Koptar).

“Oleh karena itu, saya mengimbau tetapkan dan bulatkan tekad untuk mengikuti kurikulum pendidikan di Akademi Militer. Termasuk menyiapkan mental dan fisik guna belajar dan terus berlatih,” ujarnya.

Totok berharap, para taruna mampu memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Terlebih untuk memperoleh wawasan dan ilmu pengetahuan, baik itu secara militer maupun nonmiliter.

“Perlu juga dijaga keamanan diri serta lingkungan, pelihara kesehatan fisik dan psikis, ciptakan kompetisi positif di antara taruna. Kemudian, laksanakan semua ketentuan yang diberlakukan oleh lembaga,” tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Pansus VI DPRD Kota Magelang Tuntaskan Penyesuaian RPJMD 2021-2026

Totok juga mengimbau, kepada para Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, maupun Pengasuh agar senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Kepada segenap Pejabat Pokdokorps Taruna agar bangun kehidupan Korps Taruna dengan harmonis, saling asah, asih dan asuh antara Taruna senior dengan Taruna junior, sehingga tujuan dan sasaran pendidikan di Akademi Militer dapat tercapai,” tandasnya.

Totok menegaskan bahwa tugas terbaik TNI Angkatan Darat, adalah mengabdikan untuk kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (wid)