Mayoritas Sekolah Serius Siapkan Simulasi PTM

MONITORING. Agenda monev oleh Dinas Dikpora dilakukan di seluruh wilayah Kecamatan Wonosobo termasuk beberapa wilayah terjauh.
MONITORING. Agenda monev oleh Dinas Dikpora dilakukan di seluruh wilayah Kecamatan Wonosobo termasuk beberapa wilayah terjauh.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Dilaksanakannya monitoring dan Evaluasi persiapan simulasi pembelajaran tatap Muka (PTM) ke 35 sekolah dasar (SD) dan sekolah Menengah Pertama (SMP) di 15 Kecamatan pada Selasa dan Rabu (26-27/1/) turut mengungkap kondisi terkini sekolah di seluruh wilayah. Kabid Sarana dan Prasarana Pendidikan Disdikpora, Eko Premono selaku koordinator tim 2 yang menyebut hasil Monev di SD N 1 Buntu, Kecamatan Kejajar menunjukkan dampak dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) sangat terasa. Hal itu terlihat pada kelancaran kegiatan belajar mengajar antara guru dengan siswa.

“Dampak dari pembelajaran Jarak Jauh ini luas dan memang menuntut adanya inovasi luar biasa dari kalangan pendidik untuk tetap menjaga semangat para siswa mereka dalam pembelajaran jarak jauh,” ungkapnya ditemui Kamis (28/1).

Maka dalam penyiapan simulasi PTM, Eko menyebut seluruh sekolah benar-benar menunjukkan keseriusan dan kesungguhan mereka untuk menaati standar protokol kesehatan pencegahan covid-19. Mengingat sekolah yang menjadi sasaran monev berada di 15 kecamatan baik sekolah negeri maupun swasta.

Sementara itu diungkapkan Kabid Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian Mutu Pendidikan, Slamet Faizi, dari 35 sekolah yang di monev hampir semua telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan simulasi PTM. Berbagai syarat untuk simulasi PTM dinilai secara mendasar telah terpenuhi.

Baca Juga
Langgar Prokes, 24 Orang Disanksi

“Beberapa kekurangan hanya bersifat administratif atau pelengkap bukan kurang pada hal-hal yang sifatnya prinsip dan substansial. Jika perkembangan Covid-19 sudah melandai dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Wonosobo sudah mengizinkan, maka simulasi dapat langsung dimulai,” terangnya.

Diungkapkan salah satu kepala sekolah yang dikunjungi tim Monev dari SMPN 1 Wonosobo, Sri Puji Astuti bahwa sekolahnya telah mempersiapkan Simulasi PTM semenjak tahun lalu. bahkan dengan adanya monev terakhir maka genap lima kali ada kunjungan untuk pengecekan kesiapan simulasi PTM.

Artikel Menarik Lainnya :  Diduga Kelelahan Mandi di Sungai, Seorang Bocah Tewas Tenggelam

“Kami sangat mengapresiasi positif adanya penyiapan simulasi ini dan untuk sarana dan prasarana protokol kesehatan sudah disiapkan sejak awal pergantian semester. Kami juga telah membuat video untuk panduan siswa maupun orang tua peserta simulasi yang akan dibagikan sebelum masa Simulasi berisi tentang SOP atau tata cara yang harus dipahami peserta simulasi,” tuturnya. (win)