Vaksinasi Wonosobo Sasar 552.792 Warga

VAKSIN. Vaksin yang sampai di Wonosobo diamankan di ruang dingin instalasi farmasi per hari Minggu (24/1).
VAKSIN. Vaksin yang sampai di Wonosobo diamankan di ruang dingin instalasi farmasi per hari Minggu (24/1).

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO –Tahapan vaksinasi covid-19 yang dilakukan di Wonosobo diharapkan benar-benar akan mampu mengurangi penularan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menekan jumlah kematian akibat paparan covid-19. Untuk implementasi vaksinasi, Pemkab Wonosobo akan membagi dalam dua tahapan, dengan jumlah sasaran keseluruhan mencapai 522.792 warga masyarakat.

“Tahap pertama yaitu dimulai pada hari ini hingga bulan April mendatang, dengan sasaran tenaga kesehatan dan 10 pejabat esensial unsur pimpinan daerah sebagai garda terdepan yang rentan terpapar sejumlah 3.058 orang, serta petugas layanan publik sejumah 24.548 orang,” jelas Sekretaris Daerah, One Andang Wardoyo, pada Pencanangan Vaksinasi di Aula RSUD Setjonegoro kemarin (25/1).

Untuk vaksinasi tahap berikutnya, diungkapkan Andang akan dimulai pada bulan April 2021 sampai bulan Maret tahun 2022 dengan sasaran sejumlah 284.604 warga yang rentan secara geospasial, 107.682 masyarakat umum dan pelaku ekonomi, dan 102.810 masyarakat kategori rentan lainnya.

Baca Juga
Dandim Wonosobo Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

“Vaksinasi akan dilakukan dua kali dalam rentang waktu 14 hari. Jumlah penerima akan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat,” jelasnya lebih lanjut.

Warga tidak perlu lagi khawatir dengan keamanan dan kehalalan vaksin covid-19 karena pemerintah telah menjamin vaksin tersebut sudah melalui uji klinis yang diterapkan sesuai standar WHO,” tuturnya.

Senada, menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Muhamad Riyatno pada tahap awal upaya vaksinasi, ada sebanyak 4.000 dosis vaksin Sinovac telah masuk ke dalam ruang penyimpanan di Instalasi farmasi Dinas Kesehatan. Keberadaan vaksin itu berada dalam pengawasan ketat petugas dari unsur TNI-Polri dan Satpol PP Kabupaten.

Diungkapkan dr Riyatno, upaya vaksinasi merupakan bagian tidak terpisahkan dari protokol kesehatan pencegahan covid-19, sehingga meski sudah menjalani vaksin, warga masih tetap diminta untuk menerapkan standar 3 M. Yaitu mengenakan masker saat aktifitas di luar rumah, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga jarak aman saat berinteraksi dengan orang lain.

Artikel Menarik Lainnya :  Salurkan Bansos, Kodim 0707/Wonosobo Bagikan 20 Ton Beras

“Vaksin akan segera didistribusikan kepada 28 fasilitas kesehatan vaksinator yang ditunjuk, terdiri dari 24 puskesmas, 3 Rumah Sakit dan 1 Klinik Pratama Mengingat tahapan vaksinasi masih akan berlangsung cukup lama. Kami berharap agar warga masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya penularan virus ocvid di Kabupaten Wonosobo tercinta,” katanya.

Sementara itu sebanyak 4.000 dosis vaksin sinovak, kini telah disimpan di ruang dingin instalasi farmasi kabupaten sejak hari Minggu siang (24/01) di bawah pengamanan petugas POLRI, TNI, dan Satpol PP. Vaksin tersebut diperuntukkan khusus tahap pertama segera didistribusikan pada 28 faskes vaksinator yang ditunjuk yg terdiri dari 24 puskesmas, 3 RS, dan 1 klinik pratama. (win)