Melihat Program Jumat Beramal Satreskrim Polres Purworejo

    JUMAT BERAMAL. Kasat Reskrim bersama KBO dan sejumlah anggotanya menyerahkan donasi Jumat Beramal kepada Keluarga Sugeng di Dusun Kedungdowo Desa Trirejo Kecamatan Loano, 
    JUMAT BERAMAL. Kasat Reskrim bersama KBO dan sejumlah anggotanya menyerahkan donasi Jumat Beramal kepada Keluarga Sugeng di Dusun Kedungdowo Desa Trirejo Kecamatan Loano, 

    MAGELANGEKSPRES.COM,Bagi sebagian orang, Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) mungkin hanya dikenal dengan perannya dalam hal penegakan hukum. Namun, ternyata di sela-sela menjalankan tugas-tugas pokoknya, seluruh personel Satreskrim di Polres Purworejo rutin menunaikan aktivitas kepedulian sosial. Setiap hari kerja mereka kompak menyisihkan rezeki, lalu mendonasikan kepada warga yang membutuhkan lewat program bernama Jumat Beramal.

    Hari masih pagi, Jumat (22/1). Kasat Reskrim AKP Agil Widyas Sampurna SIK MH, bersama KBO dan sejumlah anggotanya menerobos semak-semak area perkebunan yang ada di Dusun Kedungdowo Desa Trirejo Kecamatan Loano.

    Bukan untuk melakukan rangkaian penyelidikan, mengejar target operasi, atau proses lain dalam rangka penanganan perkara. Namun, kali ini mereka menjalankan misi sosial, mendatangi keluarga Sugeng Raharjo (43) yang sekitar setahun ini tinggal bersama istri dan anak balitanya di sebuah gubuk di tengah kebun.

    Tidak banyak yang melihat, sejumlah bantuan berupa paket sembako dan uang tunai dengan segera diserahkan. Dalam kesempatan itu, rombongan Satreskrim juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan Sugeng. Menampung keluh kesah, hingga memberi pencerahan dan dukungan moral.

    “Satreskrim Polres Purworejo mempunyai program Jumat Beramal yang tujuannya untuk  berbagi kepada sesama. Kebetulan ini hari Jumat dan bantuan yang bersumber dari rekan-rekan di Satreskrim kita arahkan untuk keluarga Bapak Sugeng,” kata AKP Agil usai pemberian bantuan.

    Jumat Beramal merupakan program baru yang diinisiasi oleh AKP Agil sejak kali pertama berdinas di Polres Purworejo sekitar April 2020 silam. Selain meringankan beban warga kurang mampu, Jumat Beramal juga diniati agar seluruh anggota dapat merawat jiwa kepedulian dan kepekaan sosial.

    “Sumber dana Jumat beramal ini dari sedekah teman-teman anggota selama satu pekan. Dikumpulkan, kemudian setiap Jumat kita salurkan. Sasaran penerimanya setiap Jumat berbeda-beda,” terangnya.

    Ditemui usai menerima bantuan, Sugeng bersama Sang Istri, Ningsih Surtini, mengaku sangat bersyukur atas kepedulian dari Satreskrim. Pasalnya, sejak tinggal di sepetak rumah berukuran 4 x 3,5 meter sekitar setahun ini, mereka harus berjibaku bertahan hidup.

    Terlebih, sejak Covid-19 mewabah sang istri kehilangan pekerjaan sebagai penjual jajanan keliling, sedangkan Sugeng yang hanya bekerja serabutan juga sulit mencari kerja.

    “Memang karena status domisili saya masih Semarang dan istri domisili Banten, jadi kami belum kami tidak bisa mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, termasuk bantuan sosial selama Corona ini,” kata Sugeng.

    Adanya program tersebut diapresiasi Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito SIK SH MSi. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Satreskrim sekaligus menunjukkan kepada masyarakat bahwa banyak terobosan program yang telah dilakukan Polri untuk mendukung tugas pokoknya, yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

    “Kami berharap ini dapat terus dijalankan sebagai tradisi yang positif,” ungkap Kapolres saat ditemui sejumlah awak media di ruang kerjanya. (*)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here