Covid-19 Bukan Tanggung Jawab Pemerintah Semata

SERAHKAN. Bupati secara simbolis saat menyerahkan bantuan APD kepada warga Ketiwijayan Grabag. 
SERAHKAN. Bupati secara simbolis saat menyerahkan bantuan APD kepada warga Ketiwijayan Grabag. 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Pandemi covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia kurang lebih setahun terakhir telah menjadi persoalan global yang tidak mungkin mampu diselesaikan hanya oleh pemerintah. Seluruh lapisan masyarakat bersama stakeholder terkait harus bersama-sama bergandengan tangan menanggulangi dan mencegah penyebaran virus covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Agus Bastian saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) dari Yayasan Bakti Sosial Ikhlas Tambora (YBSIT) di Desa Ketiwijayan Kecamatan Grabag, Rabu (20/1).

“Hampir satu tahun pandemi covid-19 yang melanda dunia. Kita sudah merasakan bagaimana tidak enaknya hidup dibatasi. Bagaimana susahnya ketika perekonomian terganggu dan menyesakkan kita semua. Tetapi Pemkab Purworejo tetap melakukan berbagai upaya untuk penanggulangan penyebaran dan dampak pandemi ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut APD yang diserahkan berupa 36.000 masker diberikan oleh yayasan yang berkantor pusat di Tambora, Jakarta Barat. “Kabupaten Purworejo pernah memprihatinkan, pernah urutan pertama terbanyak penderita positif covid-19 di Jawa Tengah. Itu terjadi karena kita bersungguh-sungguh melakukan tracing. Tak lelah kami menghimbau agar masyarakat melakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak) dan  menjauhi kerumunan,” tambah Bastian.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua YBSIT pusat, Aiptu Haryadi menerangkan bahwa, baksos kali ini dalm rangka ikut menanggulangi covid-19. “Pemvagian masker ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah covid-19. Juga dalam rangka mendukung operasi yustisi di Kabupaten Purworejo khususnya,” jelas Aiptu Haryadi.

Selain membagikan masker, YBSIT cabang Purworejo yang berkantor di Desa Ketiwijayan juga menyediakan ambulan gratis bagi warga yang tidak mampu.

Dari data informasi resmi Covid-19 di Kabupaten Purworejo, ada 3.378 orang terkonfirmasi positif covid-19. Sebanyak 114 orang meninggal dan 2.713 orang telah selesai isolasi mandiri. (luk) 

Artikel Menarik Lainnya :  Kematian Akibat Covid-19 di Purworejo Tambah 21 Kasus

#satgascovid19 #ingatpesanibu#pakaimasker #jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun