Langgar Prokes, Sejumlah Warga di Wonosobo Disanksi Sosial Ringan

OPERASI. Satgas Covid-19 Watumalang menggelar operasi rutin tiap Senin di beberapa titik keramaian.
OPERASI. Satgas Covid-19 Watumalang menggelar operasi rutin tiap Senin di beberapa titik keramaian.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 masih terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, termasuk oleh satuan tugas covid-19 di tingkat Kecamatan. Salah satu kecamatan yang hingga kini masih rutin menggelar operasi adalah Kecamatan Watumalang. Terbaru  dilaksanakan Senin (18/1).

Puluhan personil yang tergabung dalam Satuan Tugas Kecamatan Watumalang, menggelar operasi penegakkan disiplin protokol kesehatan masyarakat di sejumlah titik keramaian, termasuk di kawasan pasar dan pertokoan.

“Tujuan operasi rutin ini untuk mengingatkan masyarakat, agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, khususnya 3M, memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” kata Pelaksana Tugas Camat Watumalang, Tono Prihatono ditemui di sela kegiatan.

Tono Prihatono menyebut operasi di wilayahnya masih rutin dilaksanakan sebagai upaya penegakkan disiplin  masyarakat, khususnya dalam hal penggunaan masker di tempat umum. Diharapkannya, dengan peningkatan disiplin masyarakat, bisa memutus mata rantai penyebaran covid 19. Masyarakat merupakan garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19.

“Kepada masyarakat kami menyampaikan pesan penting, saat ini mengandalkan tenaga kesehatan saja tidaklah cukup, karena kondisi penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini sangat cepat. Bahkan di beberapa negara sudah ada yang bermutasi,” imbuhnya.

Operasi digelar di beberapa tempat, seperti di jalanan, perkantoran, maupun tempat-tempat berkumpulnya masyarakat dalam jumlah banyak, dengan sasaran pengendara sepeda motor, pejalan kaki dan masyarakat umum. Selain membagikan masker, petugas juga memberikan edukasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan masyarakat.

Baca Juga
Sempat Tertutup Material Longsor, Jalan Bruno-Kepil Kembali Normal

Bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, petugas memberikan sanksi sosial ringan, berupa push up maupun membersihkan jalan dan tempat di sekitar kawasan operasi. Meskipun tidak semua warga merasa hukuman tersebut efektif, namun menurut salah satu warga yang terjaring operasi, Fajar, hal itu bisa memberi efek jera pada yang melihat.

Artikel Menarik Lainnya :  Hadapi Lonjakan Covid-19, GOR Purworejo Disiapkan untuk Isoman Terpusat

“Terus terang di banyak tempat yang ada keramaian sudah banyak yang lupa tidak memakai masker, dengan operasi rutin ini saya rasa cukup efektif untuk mengingatkan kalau covid masih ada,” tuturnya. (win)