Sidak Perlintasan Kereta Api

MOTIVASI - Kepala Dishub Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni memberi motivasi kepada petugas jaga.
MOTIVASI - Kepala Dishub Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni memberi motivasi kepada petugas jaga.

MAGELANGEKSPRES.COM,SLAWI – Upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang Kereta Api (KA) di wilayah Daop IV Semarang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal. Salah satunya melalui patroli menyambangi petugas palang pintu manual. Serta memberikan imbauan agar saat piket tetap fokus dan tidak tertidur di dalam pos. Sehingga lupa menutup palang pintu ketika kereta melintas.

Kepala Dishub Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menyatakan, imbauan ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Khususnya di perlintasan sebidang yang ada penjagannya.

“Petugas penjaga palang pintu kita ingatkan agar tidak tidur selama menjalankan tugas. Pasalnya, kelalaian tersebut akibatnya bisa fatal,” ujarnya, Sabtu (16/1).

Dia menyatakan bahwa perlintasan sebidang di wilayah Daop IV Semarang yang ada di Kabupaten Tegal sudah mendapat kategori bagus. Dengan penyediaan palang pintu manual berikut penjaganya.

Terpisah, Kasi Bina Keselamatan Muhajir menyatakan, langkah Dinas Perhubungan untuk mencari kepastian izin mendirikan pos jaga berikut pengadaan portal keselamatan di perlintasan sebidang JPL 11 KM 4+883 Desa Pepedan, Dukuhturi terus dilakukan. Hal ini mengingat sejak usulan pertama yang dilayangkan ke Dirjen Prasarana Kemenhub sempat ditindaklanjuti ke Dirjen Perkeretaapian.

“Dirjen Perkeretaapian pun mengkaji ulang dan segera menindaklanjuti ajuan rekomendasi yang sudah hampir setahun kita ajukan. Dan kami pun siap mencukupi beberapa persyaratan baru yang diajukan Dirjen Perkeretaapian,” cetusnya. (her/gun)

Artikel Menarik Lainnya :  Mobilitas di Jateng Turun 21 Persen