Penyaluran BST Susulan Dilakukan Pekan Ini

PENYALURAN. Antrean penyaluran Bantuan Sosial Tunai tahap 10 selama sepekan di beberapa wilayah.
PENYALURAN. Antrean penyaluran Bantuan Sosial Tunai tahap 10 selama sepekan di beberapa wilayah.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga yang terdampak covid-19 pada tahap ke 10 kembali dikucurkan pemerintah pusat melalui Kantor Pos sejak sepekan lalu. Penyaluran tersebut dilakukan di Kantor Pos di tiap kecamatan di seluruh wilayah Wonosobo.

Salah satu petugas Kantor Pos yang bertugas di kawasan Wadaslintang dan Kaliwiro, Tongat Setiadi mengatakan, dalam penyerahan bantuan tersebut para penerima diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Wujudnya seperti wajib memakai masker, jaga jarak minimal 1 meter saat antri, tidak membawa suami, istri, anak, atau sanak keluarga, serta tertib sesuai nomor antrian.

“BST tahap ini dilakukan serentak di seluruh kecamatan sehingga diharapkan semua warga penerima bisa hadir dengan membawa persyaratannya. Namun bagi yang belum bisa, masih ada penyaluran susulan yang dilaksanakan Senin atau Selasa, tergantung wilayahnya,” ungkapnya ditemui Sabtu (16/1).

Pihaknya menyebut bahwa adanya bantuan tersebut diharapkan supaya penerima memanfaatkan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan, bukan memenuhi keinginan yang paling primer seperti pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Menurut informasi yang diterimanya, BST tersebut akan dibagi hingga beberapa tahap di April mendatang. Sementara itu menurut pegawai yang bertugas membagikan di Kantor Pos Pusat, Rini menyebut penerima untuk Kecamatan Wonosobo berjumlah 2.890 orang dengan total Rp 867 Juta.

Baca Juga
Terjadi 36 Kali Guguran Lava Pijar

“Dalam penyalurannya dibagi menjadi 6 kelompok. Tiap kelompok dibagi dalam 4 gelombang. Itu dilaksanakan untuk menghindari kerumunan. Untuk saat ini penyaluran dibagi menjadi beberapa gelombang dengan jumlah tiap desa atau kelurahan mencapai sekitar dua ratus penerima,” ungkapnya.

Sementara itu Danramil 01/Wonosobo Kodim 0707/Wonosobo Kapten Inf Sugeng Hariyanto juga mengkoordinasikan para anggotanya untuk melaksanakan pengamanan kegiatan penyaluran dana BST tahap 10 dari Kemensos sebesar Rp300.000 per KK di Kantor Pos Wonosobo.

Artikel Menarik Lainnya :  Awali Prosesi Hari Jadi Wonosobo, Kumpulkan Air Suci dari 7 Mata Air

“Dalam pelaksanaan monitoring pembagian BST tersebut kami memerintahkan Babinsa agar mengingatkan setiap penerima bantuan ini harus membawa sejumlah persyaratan. Seperti E-KTP asli (Surat Keterangan Disdukcapil) atau KK asli, datang sesuai jadwal pembagian, dan membawa surat undangan dari BST,” ungkapnya. (win)