Danai Lembaga, STAINU Buka Usaha

TOKO NU. Ketua Yayasan Perguruan Tinggi NU (YAPTINU) Temanggung, H. Nur Makhsun (berpeci) sedang berada di toko NU di Gedung PCNU Temanggung  
TOKO NU. Ketua Yayasan Perguruan Tinggi NU (YAPTINU) Temanggung, H. Nur Makhsun (berpeci) sedang berada di toko NU di Gedung PCNU Temanggung  

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Guna memperkuat sumber pendanaan operasional STAINU Temanggung dan Akper Alkautsar, civitas akademika lembaga pendidikan milik ormas Nahdlatul Ulama mendirikan ruang usaha. Profit usaha ini diharapkan mampu menjadi sumber biaya operasional lembaga, selain pendapatan dari biaya pendidikan dan sumbangan pihak ketiga.

“Sebagai lembaga pendidikan swasta, kita harus mandiri secara finansial. Jadi kami mendirikan toko FK3I untuk mahasiswa dan umum,” terang Ketua Yayasan Perguruan Tinggi NU (YAPTINU) Temanggung, H Nur Makhsun.

Toko ini tidak hanya toko fisik yang menyediakan kebutuhan pokok dan keperluan mahasiswa saja, melainkan juga dengan sistem digital. Lembaga usaha yang ditempatkan di Gedung Syariah STAINU Temanggung ini memiliki sumber modal dari civitas akademika yang bersinergi dengan FK3I.

“Kami mengajarkan bahwa lembaga harus bisa hidup dengan kemampuan dirinya, termasuk secara ekonomi sehingga ketergantungan pihak ketiga tidak terlalu tinggi,” katanya.

Ke depan, lanjutnya, toko ini akan dikembangkan dalam bentuk rest area. Lokasi di STAINU dinilai strategis karena selain akses yang mudah dan jalan antar kota, juga sarana peribadatan yang lengkap.

“Ke depan konsepnya orang lewat bisa mampir untuk salat atau istirahat, jadi area umum,” tandasnya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Ganjar: Jika Ada Temuan Covid-19, Harus Ada Tracing