Urus SIM di Polres Wonosobo Diberlakukan Social Distancing

TURUN. Jumlah warga yang mengurus SIM di satlantas Polres Wonosobo menurun di masa pandemic.
TURUN. Jumlah warga yang mengurus SIM di satlantas Polres Wonosobo menurun di masa pandemic.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Untuk mencegah penyebaran covid-19 di fasilitas publik dan layanan umum, kini pemberlakukan social distancing atau jaga jarak antar orang di beberapa kantor. Salah satunya diberlakukan di Kantor Satlantas Polres Wonosobo pada layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Tempat duduk antrean untuk mereka yang datang di kantor, diatur berselang satu tempat duduk dengan diberi tanda silang untuk upaya social distancing diterapkan di ruangan pembuatan SIM.

“Di ruang pelayanan, kami siapkan kursi pemohon SIM. Sudah kami silang menggunakan lakban, agar ada jarak antara pemohon ditempat duduk. Selain itu kami juga menyediakan kursi di luar ruangan agar tidak terjadi kerumunan,” tutur KBO Satlantas Polres Wonosobo, Iptu Sanyoto.

Dijelaskan Iptu Sanyoto, di ruangan kepengurusan SIM juga dilengkapi hand sanitizer yang bisa digunakan masyarakat untuk membersihkan tangan sebelum memasuki ruangan. Kemudian, setiap orang yang akan memasuki ruangan diperiksa dahulu suhu tubuhnya sehingga bisa dilakukan pencegahan awal.

“Pengunjung juga wajib mengenakan masker, apabila tidak memakai tidak diperbolehkan masuk untuk mengurus SIM. Namun kami melihat saat ini kesadaran masyarakat terkait masker sudah bagus. Semua yang mengurus SIM sudah memakai masker,” imbuhnya.

Pihaknya juga melihat bahwa efek dari ajakan untuk mengurangi aktivitas di tempat umum dan memilih bekerja hingga belajar di rumah berimbas pada pengurusan SIM. Selama masa pandemi, angka pembuatan dan perpanjangan SIM menurun. Namun hal itu dinilai positif karena bisa mengurangi penyebaran covid-19.

“Selama pandemi ini ada penurunan jumlah pengurusan SIM dan jumlah warga yang mengurus menurun sekitar 20 sampai 30 persen,” pungkasnya.

Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (win)

Artikel Menarik Lainnya :  Diduga Depresi, Perempuan Muda Akhiri Hidupnya di Sungai Galuh

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun