Tabung Gas Bocor, Nyaris Gagalkan  Sebuah Hajatan di Temanggung

PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung memadamkan api dari kebocoran tabung gas tiga kilogram di Dompon RT 01 RW 02 Kowangan Kecamatan Temanggung. 
PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung memadamkan api dari kebocoran tabung gas tiga kilogram di Dompon RT 01 RW 02 Kowangan Kecamatan Temanggung. 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Hajatan yang digelar oleh Rohadi warga Dompon RT 01 RW 02 Kowangan Kecamatan Temanggung nyaris batal setelah salah satu tabung gas tiga kilogram bocor.

Namun berkat kesigapan dari petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Temanggung, kebocoran dari tabung gas yang menimbulkan api dan sudah merembet ke sebagian benda disekelilingnya itu bisa teratasi.

“Beruntung salah satu warga yang sedang berada di lokasi langsung menghubungi kami, sehingga petugas kami langsung meluncur ke lokasi tersebut,” kata Gito Walngadi Seksi Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung, kemarin.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi kejadian, saat itu salah satu warga sedang memasak dengan menggunakan kompor gas tabung tiga kilogram.

Tiba-tiba lanjut Gito, tabung gas tersebut bocor dan dari kebocoran itu sudah menimbulkan api yang cukup besar. Sehingga api itu sudah merembet ke sejumlah barang yang ada di sekitar lokasi.

“Warga yang berada dilokasi sempat bingung dan kaget, karena memang tidak ada satupun warga yang berani memadamkan api,”ujarnya.

Untuk mengatasi dan menangani kejadian tersebut pihaknya menurunkan satu unit armada truk pemadam kebakaran dan satu unit armada watersupply dengan anggota 6 personil.

“Api langsung bisa dipadamkan, dan alhamdulilah kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun kerugian dikasir mencapai jutaan rupiah,”katanya.

Gito mengimbau, agar masyarakat lebih hati-hati dan jeli dalam menggunakan gas tabung. Sebelum digunakan sebaiknya diperiksa terlebih dahulu, jangan sampai ada tabung yang sudah bocor namun tetap dipakai untuk memasak.

“Wajib diteliti terlebih dahulu, jika memang sudah tidak bisa dipakai, apalagi memang sudah bocor sebaiknya tidak digunakan atau dikembalikan saja,”pesannya.

Selain itu Gito juga berpesan agar masyarakat memperhatikan instalasi kabel listrik dirumah, gunakan kabel atau material yang sesuai dengan standar PLN, sehingga lebih aman dan nyaman dipakai.

Artikel Menarik Lainnya :  Vaksinasi Penyandang Disabilitas Butuh Pelayanan Khusus

“Instalasi listrik yang salah akibatnya akan sangat fatal, apalagi jika kabelnya tidak dipasang dengan rapi akan sangat berbahaya, harus benar-benar diperhatikan ketika akan memasang,”pesannya. (set)