Jaga Imunitas, Petugas PMI Kota Magelang Rutin Konsumsi Vitamin

PMI. Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono saat memimpin aksi penyemprotan disinfektan di lingkungan Kantor Walikota Magelang.
PMI. Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono saat memimpin aksi penyemprotan disinfektan di lingkungan Kantor Walikota Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang diberi asupan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan imunitas petugas PMI di tengah pandemi Covid-19. Terlebih, mereka juga berperan krusial melakukan tugas kemanusiaan pencegahan Covid-19.

”Jam terbang petugas PMI sangat tinggi di tengah pandemi ini. Mereka harus siaga bilamana masyarakat membutuhkan bantuan penyemprotan disinfektan. Karena itu, mereka rutin kita berikan vitamin,” kata Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono.

Ia menjelaskan, personel PMI harus responsif. Begitu menerima laporan, petugas langsung diterjunkan ke lapangan. ”Daya terbang PMI tinggi karena tiap ada permintaan, langsung kita eksekusi,” ujarnya.

Sumartono menyebut, setiap harinya, penyemprotan disinfektan bisa dilakukan di 15-25 titik. Sasaran penyemprotan di tempat keramaian, perkantoran, juga tempat ibadah. ”Kegiatan sterilisasi dari penyebaran virus berbahaya ini tidak dipungut biaya. Demikian halnya dengan kawasan kampung yang warganya terkena Covid-19, kita rutin semprot disinfektan,” imbuhnya.

Teknisnya, PMI membawa mobil pickup untuk mengangkut dua tandon berisi disinfektan dan beberapa alat penyemprot gendong. Jumlah disinfektan itu disesuaikan kebutuhan. ”Kalau bertepatan dengan hari-hari peringatan, kebutuhan disinfektan sangat banyak, dan petugas PMI yang dilibatkan juga lebih banyak,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa PMI Kota Magelang selalu berada di rangking tiga besar se-Jawa Tengah dalam aksi penanganan Covid-19. Selain itu, juga membantu masalah lainnya seperti kasus kecelakaan dan lain sebagainya.”Untuk donor darah, di tengah pandemi juga harus mendapat perlakuan khusus. Kita punya ribuan pendonor aktif untuk menyuplai darah ke beberapa rumah sakit di dalam kota, maupun luar kota,” pungkasnya.

Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! 70-76 Kasus Baru Covid Muncul di Magelang

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun