Pemkab Temanggung Dapat Bantuan Korban Bencana Senilai Rp145 Juta

BANTUAN. Bantuan berupa sejumlah barang menunggu didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan. 
BANTUAN. Bantuan berupa sejumlah barang menunggu didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan. 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Pemkab Temanggung dikucur bantuan senilai Rp145 juta untuk korban bencana alam di ujung tahun 2020 hingga tahun 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, bantuan tersebut berbentuk berbagai barang yang berasal dari APBN dan APBD Provinsi Jawa Tengah.

“Semua barang yang diterima BPBD itu senilai Rp145 juta, dengan rincian Rp37 juta dari Provinsi Jateng, dan sisanya dari APBN,” rincinya saat ditemui di kantornya, Kamis (17/12).

Ia menyebutkan, bantuan tersebut berupa paket sembako, perlengkapan anak sekolah, hingga kebutuhan rumah tangga dari APBD Provinsi Jawa Tengah dan juga APBN untuk masyarakat yang terdampak bencana.

Bantuan diterimanya pada Selasa (15/12) lalu itu berisi beras, mie instan, minyak goreng, kecap, dan beberapa kebutuhan makanan lainnya.

Bantuan ini diprioritaskan bagi warga yang langsung terdampak bencana, seperti tanah longsor, banjir, angin ribut atau bencana alam lainnya. Untuk penggunaan bisa dimaksimalkan pada sisa waktu 2020, juga bisa dipergunakan pada 2021 nanti.

Disebutkan, jenis bencana alam yang terbanyak melanda masyarakat Temanggung pada 2020 adalah tanah longsor. Pihaknya mencatat terdapat 99 titik longsor cukup besar yang tersebar di Kecamatan Gemawang, Kaloran, Kandangan, juga di Kacamatan Bejen. Beberapa wilayah bahkan mengalami longsor beberapa kali kejadian.

“Bantuan ini kami optimalkan untuk warga yang terdampak bencana langsung. Sementara anggaran untuk penanganan bencana dari APBD daerah senilai total Rp325 juta sudah habis,” ujarnya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Ingin CPNS Diisi Masyarakat Lokal, Warga Temanggung Diminta Bersiap