Berikan Ruang Anak Muda Ekspresikan Cinta NKRI

BELA NEGARA. Badan Kesbangpol Kabupaten Wonosobo, mengadakan sosialisasi bela negara bagi Organisasi Kemasyarakatan Dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa, 
BELA NEGARA. Badan Kesbangpol Kabupaten Wonosobo, mengadakan sosialisasi bela negara bagi Organisasi Kemasyarakatan Dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa, 

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Kesadaran bela negara, tidaklah tumbuh dengan sendirinya. Tetapi harus ditanamkan dan selalu dipupuk. Setiap individu warga negara, harus diajak untuk mencintai bangsanya dan mencintai tanah airnya. Sehingga, akan tertanam kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia.

“Melalui pendidikan kewarganegaraan dan bela Negara ada kesadaran lebih baik, tanggungjawab setiap individu dan seluruh komponen masyarakat,” ungkap Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo.

Hal itu disampaikannya dalam sosialisasi bela negara bagi Organisasi Kemasyarakatan Dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa yang digelar Badan Kesbangpol Kabupaten Wonosobo kemarin

Karenanya, nilai-nilai bela negara juga harus ditanamkan dengan cara-cara yang kreatif, inovatif, serta adaptif dengan perkembangan zaman. Apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi yang menuntut digunakannya cara-cara baru.

Menurutnya, masyarakat bahkan anak muda perlu diberikan ruang, untuk dapat mengekspresikan kecintaannya pada tanah air, tanpa mengurangi esensi bela negara itu sendiri. Agus yakin, semangat bela negara dengan cara-cara yang lebih kreatif akan terwujud sesuai dengan yang dicita-citakan bersama dan akan lebih meresap di hati sanubari para generasi penerus bangsa.

Baca Juga
2.401 Kades dan Perangkat Desa di Wonosobo Jadi Peserta BPJS

“Seluruh masyarakat Wonosobo, agar semakin kuat dan memiliki rasa pertahanan diri dalam menghadapi berbagai ancaman yang timbul. Setiap diri kita akan memiliki kesiapsiagaan dini, baik secara fisik maupun psikis, untuk berperan serta dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Kapten Sugeng mewakili Kodim 0707 Wonosobo menyampaikan  terkait Wawasan Kebangsaan. Ia menyebutkan, materi wawasan kebangsaan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi ormas untuk ikut serta membangun bangsa, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia juga berharap ormas di wilayah Kabupaten Wonosobo harus selalu menjaga persatuan dan memelihara nilai agama, budaya, moral, etika dan norma yang lain, serta memberikan manfaat untuk masyarakat. Karena kita tahu setiap warga negara harus mempunyai rasa cinta tanah air, sadar dalam berkehidupan berbangsa serta bernegara Indonesia, meyakini Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara bagi setiap masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :  Putus Penyebaran covid-19, Pemkab Wonosobo Gelar Penyemprotan

Sedangkan Ahmad Efendi anggota Satres Narkoba Polres Wonosobo mengatakan potensi masyarakat, khususnya ormas, mempunyai kekuatan strategis apabila digerakkan dalam upaya Pencegahan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Organisasi masyarakat dapat terjun langsung ke masyarakat untuk memberi informasi melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, karena ketokohannya di masyarakat, diharapkan ormas mampu untuk mempengaruhi dan memberikan contoh yang baik di masyarakat,” pungkasnya. (gus)