40 Persen Jaringan Listrik di Wonosobo Rawan Tertimpa Pohon

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Musim hujan disertai angin kencang di Kabupaten Wonsobo berpotensi menumbangkan pohon dan mengancam jaringan listrik. Sebab, hampir 40 persen jaringan listrik di dikelilingi pepohonan. Masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan kabel listrik dan pepohonan harus lebih waspada.

“Hampir 40 persen jaringan listrik di Wonosobo berada di kawasan yang didominasi pepohonan. Ini cukup berbahaya saat terjadi hujan disertai angin kencang,” ungkap Manager PT PLN  Unit  Wonosobo, Purwanto kemarin, di kantornya, (17/12).

Menurutnya, wilayah jaringan listrik yang paling banyak dikelilingi pepohonan ada diwilayah bagian Barat Wonosobo dan Selatan Wonosobo. Tak sedikit jaringan kabel sering terhambat bahkan terputus akibat pohon tumbang.

“Wilayah yang jaringan saluran kabel listrik mendominasi pepohonan itu ada di wilayah Kepil dan Watumalang,” tambahnya.

Berbagai upaya pun giat dilakukan. Diantaranya dengan secara rutin melakukan perawatan. Perawatan dilakukan dengan cara menebang pohon yang berdekatan dengan saluran listrik. Kemudian, tak segan segan memberikan surat peringatan kepada warga yang pohonnya sudah sangat berdekatan.

“Secara rutin kami melakukan perawatan, baik penebangan pohon yang berdekatan dengan kabel listrik, atau memberi surat peringatan,” katanya.

Tak hanya itu, untuk pengamanan juga dilakukan dengan cara memasang kabel yang memiliki daya listrik dengan membungkusnya. Tujuannya, agar keamanan warga sekitar lebih aman. Pihaknya melakukan upaya dengan membungkus kabel listrik yang sangat dekat dengan bangunan.

“Untuk itu, masyarakat harus lebih waspada selama musim hujan disertai angin. Sebab, pohon tumbang mengenai kabel listrik tak bisa diduga -duga. Harus lebih waspada,” tambahnya.

Sebelumnya, beberapa pohon besar tumbang memutus kabel listrik. Bahkan, menimpa  sebuah rumah milik Giman Warga Kleyang Jurang, Desa Pungangan. Tak hanya itu, pohon tumbang juga menyambar kabel dan memercikkan api disalah satu rumah di Kleyang Gunung. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! Ada Potensi Ledakan Kasus Covid-19 Gelombang Ketiga di Wonosobo