Kenalkan Inovasi Baru, Abon Pepaya hingga Kopi Biji Salak

Kenalkan Inovasi Baru, Abon Pepaya hingga Kopi Biji Salak
Kenalkan Inovasi Baru, Abon Pepaya hingga Kopi Biji Salak

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Kelompok mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mengenalkan inovasi baru tentang produk abon pepaya, kopi biji salak dan selai salak dan bimbel. Hal ini merupakan serangkaian kegiatan Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Dusun Kebonrejo 3, Desa kebonrejo 3, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Oktober – Desember 2020. Kesempatan ini diikuti tokoh (KWT) kelompok wanita tank dan warga yang aktif menjalankan usaha.

“Sebelummya mereka hanya berfokus pada produksi gula semut dan teh serai dan mpon-mpon .D isini dengan adanya produk yang kita kenalkan dapat membantu penghasilan anggota kelompok KWT Kebonrejo  3,” kata Abduloh, ketua kelompok.

Dalam menjalankan PPMT, Abduloh bersama empat mahasiswa lain seperti Ita Dwiriya, Putri Arruum N, Dhimaz Aziz Nugroho, Hasan Nuryadin. Tim ini juga ditambah Fristina Anisa S.E., M.M (dosen).

Dijelaskan, dengan adanya inovasi produk-produk baru akan memicu meningkatkan UMKM. Selain itu, dengan pemanfaatan bahan-bahan yang mudah dicari, maka dapat memperluas jaringan pasar mereka dalam skala nasional hingga internasional.

“Proses pembuatan diawali dengan pengenalan produk dan cara membuat abon pepaya, serta membuat kopi biji salak,” tandasnya.

Kepala dusun setempat Zaenal menyampaikan di lingkungannya belum terlalu  banyak mencoba, untuk membuat beberapa produk-produk baru.

“Denga adanya PPMT ini, pengetahuan warga menjadi tambah,” akunya. (adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Tol Jadi, Harapan Baru Pemerataan Wisata Magelang