Tiga Desa Langganan Banjir Mulai Tergenang Air

PANTAUAN. Petugas BPBD, TNI, Polri, dan PMI turun ke Desa Trimulyo yang mulai dilanda banjir untuk melakukan pantauan dan memberikan bantuan logistik
PANTAUAN. Petugas BPBD, TNI, Polri, dan PMI turun ke Desa Trimulyo yang mulai dilanda banjir untuk melakukan pantauan dan memberikan bantuan logistik

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir tidak hanya menyebabkan banjir di Desa Wironatan Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Kini, genangan air mulai merembet ke arah selatan, yakni  Desa Rowodadi, Trimulyo, dan Bendungan di Kecamatan Grabag yang memang menjadi daerah langganan banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, Sutrisno MSi, saat dikonfirmasi menyebut genangan air di 3 wilayah itu muncul sejak Senin (14/12). Namun, tingginya debit air di ketiga desa itu sudah diprediksikan sejak awal karena faktor kebiasaan yang selama ini terjadi.

“Ketiga desa ini merupakan daerah cekungan, dimana jika ada genangan sebelumnya di Wironatan dan Langenharjo (Kecamatan Butuh) pasti nanti sampainya di ketiga desa ini,” Sebutnya, Selasa  (15/12).

Meski masyarakat sudah siap, BPBD Purworejo bersama TNI, Polri, PMI, dan isntansi terkait tetap turun ke lapangan. Ketiga desa dipinjami perahu dari SMK Negeri 4 Purworejo. Tujuannya agar dapat digunakan jika perlukan untuk melakukan evakuasi warga saat air semakin tinggi.

“Bantuan perahu ini sudah kita kirimkan sejak kemarin (Senin,red), dan distand by-kan di lokasi,” jelasnya.

Diungkapkan, hingga saat ini BPBD juga sudah menyiapkan logistik makanan untuk dikirimkan sewaktu-waktu ke lokasi. Bantuan sangat mungkin dikirimkan jika genangan terus meninggi dan mengganggu aktivitas warga.

Dalam pelaksanaannya, BPBD Purworejo melakukan koordinasi dengan PMI Purworejo, Dinas Sosial, serta instansi terkait.

“Jika genangan terus naik, pasokan makanan diperlukan karena otomatis warga tidak bisa melakukan kegiatan dapur mereka karena kayu yang ada basah dan lainnya,” ungkapnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Dianggap Janggal, Proyek Jalan Desa Bragolan Diadukan ke Polisi