Sampah Setinggi 40 Meter Longsor, TPA Alami Kerugian Rp1,5 Miliar

MONITOR. Kepala DLH Widi Purwanto melakukan monitoring longsor TPA Wonorejo.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Gunung sampah setinggi sekitar 40 meter di TPA Wonorejo, Selomerto longsor. Tidak ada korban dalam peristiwa itu. Namun, tempat pengolahan kompos dan tinja tertimbun material longsor. Kerugian material ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

“Longsor ini dampak dari curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari yang lalu,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wonosobo, Widi Purwanto, saat ditemui di sel-sela meninjau lokasi longsor, Senin (14/12).

Menurutnya, berdasarkan hasil dari investigasi yang dilakukan, longsor diakibatkan curah hujan yang tinggi sejak hari Jumat (11/12) sampai Sabtu (12/12) lalu. Sehingga tumpukan sampah yang sudah penuh ini semakin berat jenuh lalu longsor. Ribuan kubik sampah ambrol dan menimpa gudang dan peralatan pengolahan sampah yang ada di bawahnya.

“Luas longsoran mencapai 3.000 meter persegi, tapi sebagian besar masih berada di area TPA Wonorejo, tapi ada 20 meter tumpukan longsoran yang masuk tanah warga,” terangnya

Selain itu tempat pengolahan kompos dan tinja serta peralatan-peralatan yang merupakan aset milik Pemkab Wonosobo juga ikut tertimbun sampah. Sehingga kerugian material ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

“Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar, karena kita masih menghitung peralatan-peralatan pengolahan yang ikut tertimbun bersama gedung. Selain itu ada beberapa pohon juga yang tertimbun,” jelasnya.

Namun pihaknya memastikan pengolahan sampah tetap berjalan seperti biasa dengan memanfaatkan perluasan lahan TPA yang belum digunakan. Sementara untuk pengolahan tinja, pihaknya menggunakan kolam lindi.

“Untuk tempat pengolahan kompos, kita berharap tahun depan bisa dianggarkan lagi oleh Pemkab bersama DPRD Wonosobo,” tandasnya.(gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Stop Dispensasi Nikah di bawah Umur