Kodim Magelang Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Kodim Magelang Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam
Kodim Magelang Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG-Latihan penanggulangan bencana alam sarana untuk mempersiapkan diri untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Merapi digelar di Kodim 0705/Magelang, Senin (14/12).

Pada kesempatan tersebut Kasrem O72/Pamungkas, Kolonel Inf Afianto membuka latihan. Saat membacakan sambutan Danrem 072/Pamungkas, Kasrem mengatakan latihan penanggulangan bencana alam Korem 072/Pamungkas di wilayah Kodim 0705/ Magelang kali ini sangat penting mengingat kemungkinan terjadinya bencana alam, erupsi gunung Merapi akan sangat berbeda penanganannya karena di hadapkan dengan masa Pandemi Covid 19 yang sampai dengan saat ini belum berakhir.

“Metode pelaksanaan Latihan Penanggulangan bencana alam mempunyai sasaran antara lain memahami dan mampu dalam perencanaan operasi penanggulangan bencana. Komando dan Pengendalian Operasi, percepatan dan ketepatan bertindak serta memahami prosedur penanganan bencana alam,” jelasnya.

Latihan ini juga untuk memantapkan kerjasama antara institusi TNI dan instansi pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam, khususnya dalam penanganan korban bencana alam yang sesungguhnya. Hal ini sesuai dengan tugas pokok TNI dalam bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti yang telah diatur dalam UU Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI. ‘Atas dasar itulah, kita perlu terus memacu diri untuk meningkatkan kemampuan melalui berlatih dan berlatih sehingga realisasi peran dan pengabdian kita di lapangan akan benar-benar tepat, optimal dan sejalan dengan tuntutan perkembangan jaman,”tambahnya.

Baca Juga
Karena Faktor Ekonomi, Sejumlah Pengungsi Merapi di TEA Balai Desa Banyurojo Pulang Mandiri

Pada pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam kali ini, dikembangkan suatu permasalahan yang mengarah dalam pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang yaitu membantu tugas pemerintah di daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan (civic missions).

Artikel Menarik Lainnya :  Wuwuharjo Jadi Jujugan Vaksinasi Massal

Latihan ini digunakan untuk mengecek kesiapan Kodim 0705/Magelang dan antisipasi perbantuan TNI kepada Pemda dalam penanggulangan bencana akibat erupsi Gunung Merapi.

Sementara itu, Kasrem 072/Pamungkas menambahkan, sebagai prajurit harus tanggap pada situasi dan kondisi. Perbantuan Kodim 0705/Magelang dalam penanganan dan penanggulangan bencana supaya dilaksanakan dengan sepenuh hati dengan diawali dengan persiapan – persiapan yang sudah disiapkan. “Merapi eruspi itu tidak secara tiba – tiba, jadi kita harus siap,” ujar Kolonel Inf Afianto.

Latihan penanggulangan bencana alam erupsi Gunung merapi direncanakan berlangsung dari tanggal 14 hingga 18 Desember 2020 dengan tempat latihan di Makodim 0705/Magelang di daerah latihan di wilayah Kecamatan Dukun dan Srumbung. (hen)