Workshop Pelaksanaan Komitmen Iduka untuk Rekrutmen dan Penyaluran Lulusan

TANDATANGAN. Kepala SMK N 3 usai penandatanganan MoU dengan Grand Keisha Hotel Jogjakarta didampingi oleh Pengawas SMK, IDUKA dr Noormans Hotel Semarang, dan Salon Ria Borobudur 
TANDATANGAN. Kepala SMK N 3 usai penandatanganan MoU dengan Grand Keisha Hotel Jogjakarta didampingi oleh Pengawas SMK, IDUKA dr Noormans Hotel Semarang, dan Salon Ria Borobudur 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Magelang mengadakan workshop pelaksanaan komitmen Iduka untuk rekrutmen dan penyaluran lulusan serta pemanfaatan fasilitas bersama, Selasa (8/12/2020) di aula sekolah setempat.
Workshop dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan berdoa bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Drs Supriyatno MPd selaku kepala SMK Negeri 3 Magelang mengatakan, dinamika kegiatan SMK N 3 Magelang merupakan pelaksanaan agenda Centre Of Excelent ( COE) yang bermanfaat untuk peserta didik.
Sementara Mahmud SPd MPd selaku pengawas SMK Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah VIII mengatakan, bantuan COE harus ada impactnya. Dari 10.000 SMK se-Indonesia yang mendapatkan bantuan COE hanya 490 sekolah, salah satunya SMK N 3 Magelang.
Tugas pengawas dalam hal ini adalah mengawal pelaksanaan COE dengan melaksanakan 7 kegiatan, di antaranya penyusunan kurikulum sekolah bersama IDUKA, guru tamu (minimal mengajar 50 jam pelajaran), guru produktif mengikuti magang, program PKL disusun bersama IDUKA, pembimbingan budaya kerja, sertifikasi kompetensi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan menyalurkan lulusannya.
“Oleh sebab itu, SMK harus link and match dengan IDUKA,” katanya.
Muhammad Noor Cholis, Genenal Manajer Noormans Hotel Semarang, menyampaikan bahwa perkembangan siswa SMK pada zaman sekarang melaju dengan pesat sejalan dengan dunia digitalisasi, sehingga dibutuhkan kolaborasi antara sekolah dengan industri dan dunia kerja (IDUKA). Sekolah perlu membekali siswa dengan hard skill yakni digitalisasi dan soft skill yakni budaya kerja.
Pengalaman selama ini beberapa siswa yang mengikuti praktik kerja lapangan di hotel kurang percaya diri. Untuk mengatasinya dengan menguasai kompetensi, meningkatkan jam terbang, meningkatkan kreativitas, dan kolaborasi soft skill.
Sebagai bentuk kolaborasi antara SMKN 3 Magelang dengan IDUKA diadakan penandatangan MoU antara SMK N 3 Magelang dengan Grand Keisha Hotel Yogyakarta yang disaksikan oleh Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah VIII dan peserta workshop.
Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa IDUKA pendamping, di antaranya Endy Saputra dan Supriyono(Grand Keisha Hotel Yogyakarta), Bapak Muhammad Noor Cholis (Genenal Manajer Noormans Hotel Semarang), dan Ibu Aluysia Murianingsih (Ria Salon Borobudur Kabupaten Magelang).
Kegiatan ini diikuti 31 orang guru produktif dari 5 kompetensi di SMKN 3 Magelang, yakni Tata Boga, Tata Busana, Perhotelan, Tata Kecantikan, dan Multimedia.
Budi Hastuti SP selaku guru tata boga mengharapkan pada pihak IDUKA untuk menginformasikan adanya lowongan pekerjaan atau rekrutmen karyawan sebagai tindak lanjut workshop. (tim jurnalistik skaniga/umi dan nurul)

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar IHT Kurikulum Merdeka Belajar