Realisasi Program CoE

MAGANG. Program guru magang CoE yang dilaksanakan di Eduraya Teknologi Production Office, Wedomartani Sleman Jogjakarta.
MAGANG. Program guru magang CoE yang dilaksanakan di Eduraya Teknologi Production Office, Wedomartani Sleman Jogjakarta.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – SMK Negeri 2 Magelang bekerja sama dengan PT EDURAYA TEKNOLOGI NUSANTARA (ETERA) melakukan Program Guru Magang CoE (Center of excellence). Kegiatan dilaksanakan di Eduraya Teknologi Production Office, Wedomartani, Kabupaten Sleman, Jogjakarta, 4 November – 3 Des 2020.
“Berbagai program yang terdapat pada CoE salah satunya adalah Guru Magang IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja),” ujar Mila Yustiana SPd MMPar.
Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan peningkatan kompetensi guru RPL menggunakan kurikulum yang telah disesuaikan dengan IDUKA. Jurusan Rekayasa perangkat lunak mendelegasikan beberapa orang guru untuk mengikuti kegiatan magang tersebut.
Kegiatan tersebut dipandu oleh Fajar Indra Prasetyo pada bagian UI/UX, Deni Kurnianto Nugroho pada bagian Backend Developer, Azhim Rosyed Ibrahim pada bagian Frontend Developer dan Brian Dwi Murdianto pada bagian Mobile Apps Developer.
Peserta yang merupakan guru magang dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 2 Magelang yaitu Arifin Andi Gunawan, SKom pada bagian UI/UX dan Wintolo SKom pada bagian Front end.
Fajar Indra Prasetyo selaku presiden direktur dari ETERA sekaligus trainer magang mengatakan, dalam proses pembuatan program tidak semuanya melakukan coding, melainkan ada sebuah proses di awal yaitu pembentukan tampilan web atau UI/UX, sehingga kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa tim yaitu UI/UX, Front End, Back End dan Mobile Apps”.
Aplikasi yang digunakan dalam kegiatan magang untuk membuat UI/UX adalah Adobe XD. Sedangkan yang digunakan bagian Front End Developer untuk melakukan coding HTML, CSS, Boostrap, dan JavaScript adalah VS Code.
Dalam kegiatan tersebut terdapat serangkaian proses yang terdiri dari beberapa tahap antara lain Indentifikasi Permasalahan, Perancangan Web, Desain Web, Scripting Front End, Scripting Backend, Testing, Promotion dan Maintenance.
Program atau aplikasi yang dihasilkan dari proses magang tersebut adalah sebuah Marketplace yang direncanakan akan digunakan oleh UMKM Magelang.
Wintolo SKom mengatakan, manfaat dari produk tersebut adalah untuk membantu pengenalan dan penjualan produk UMKM di Magelang kepada masyarakat di seluruh Indonesia”.
“Dengan melakukan magang kita mengetahui langkah membuat startup dan materi apa saja yg harus disiapkan,” ujar Arifin Andi Gunawan.
Dari proses desain UI/UX dapat diimplementasikan dalam sebuah Web oleh bagian Front End Scripting. SMK Bisa !, SMK Hebat !, SMK Negeri 2 Magelang Juara dan Unggul !. (adv/tim jurnalistik skanida)

Artikel Menarik Lainnya :  373 Siswa SMKN 3 Magelang Dilepas Secara Virtual