Positif Covid, Sepakan Tambah 180 Kasus

AGA JARAK. Dalam kegiatan sehari-hari termasuk wisata, warga diminta menjaga jarak dan selalu mengenakan masker.
AGA JARAK. Dalam kegiatan sehari-hari termasuk wisata, warga diminta menjaga jarak dan selalu mengenakan masker.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Wonosobo sudah mencapai 3.477. Pertambahan selama sepekan mencapai 180 kasus lebih. Dengan pertambahan ini, isolasi mandiri menjadi pilihan bagi mereka yang tidak mendapatkan tempat di lima balai karantina, dengan 252 tempat tidur.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah atau saat berada di tempat umum menjadi hal yang sangat penting. Lantaran hal tersebut dapat mengurangi jumlah kasus positif Covid-19 maupun pasien meninggal,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Muhammad Riyatno.

Dr Riyatno mengungkapkan, upaya pencegahan penularan Covid-19 merupakan upaya bersama masyarakat. Pada intinya, masyarakat adalah ujung tombak untuk menghentikan penularan pandemi covid-19. Upaya yang paling efektif adalah harus menjaga jarak, membatasi aktivitas sosial yang tidak terlalu penting, dan selalu menggunakan masker dalam aktivitasnya.

“Hanya dengan cara itu maka kita bisa melindungi diri sendiri dan orang lain. Selain juga cuci tangan sesering mungkin dengan sabun minimal 20 detik dan bilas dengan air mengalir. Jaga kesehatan diri, dan jaga jarak saat berkomunikasi. Maka kita dapat mencegah penularan virus corona. Apalagi angkanya di Wonosobo masih bertambah, sehingga butuh kerjasama semua pihak,” tuturnya.

Adanya indikasi masih terjadinya penularan covid-19 di Wonosobo, diharapkan masyarakat semakin peduli dan ikut mengupayakan dan memutus mata rantai penyebaran.

“Ada 1.500 pasien covid yang masih dirawat dan 184 meninggal. Ini menunjukkan masih terjadi penularan, masih ada orang sakit yang ada virus corona dalam tubuhnya tapi tidak merasakan dirinya sakit dan masih ada di tengah-tengah kita. Ini yang harus segera kita hentikan. Mari patuhi protokol kesehatan dan 3M,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Pengawasan Inspektorat Pemda Harus Tegas dan Lebih Dini

Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (win)

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun