Ponpes Bambu Runcing ParakanTerima Bantuan Bus

BANTUAN. Ketua DPRD Temanggung Yunianto melepaskan tiga bantuan kendaraan bus untuk ponpes di halaman Pendopo Jenar, 
BANTUAN. Ketua DPRD Temanggung Yunianto melepaskan tiga bantuan kendaraan bus untuk ponpes di halaman Pendopo Jenar, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Tiga pondok pesantren di tiga kabupaten di Jawa Tengah menerima bantuan kendaraan bus dari Kementerian Perhubungan RI. Bantuan ini diharapkan bisa semakin meningkatkan dan memudahkan aktivitas santri dalam aktivitas belajar mengajar.
Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta Kementrian Perhubungan Eko Agus Santoso menyebutkan, tiga ponpes yang menerima bantuan mikro bus ini adalah ponpes Bambu Runcing Parakan Kabupaten Temanggung, Ponpes Nurul Falah Kabupaten Magelang dan Riyadlotul Uqul Kabupaten Purworejo.
“Bantuan tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini memang bukan bus namun mikro bus. Mikrobis ini lebih fleksibel dan lebih mudah dimanfaatkan,”katanya.
Ia mengatakan, khusus di tiga kabupaten yakni Kabupaten Temanggung, Magelang dan Kabupaten Purworejo, bantuan transportsi ini memang khusus diberikan untuk ponpes. Namun untuk daerah lain nantinya akan diberikan kepada sekolah-sekolah formal.
Sedangkan untuk pengelolaan bantuan sendiri, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak ponpes, namun yang jelas bantun transportasi berupa mikrobis ini untuk mengantarkan santri-santri yang masih menempuh pendidikan formal.
“Dimanfaatkan maksimal dan bisa semakin meringankan beban dari para santri,”katanya.
Menurutnya, mikrobis yang diperbantukan ini bisa digunakan sepenuhnya selama masih ada kaitannya dengan kepentingan untuk ponpes.
“Nanti pengelolanya yang mengatur, bagaimana mikrobis ini akan dimanfaatkan, tapi yang utama memang untuk sarana pendidikan,”katanya.
Selain bantuan sarana transportasi, bantuan dalam bentuk lain seperti perlengkapan jalan, penerangan jalan umum dan fasilitas keselamatan dijalan yang lain juga akan diberikan kepada masyarakat.
“Kementrian sangat responsif terhadap kebutuhan dasar masyarakat, kebutuhan transportasi ini merupakan salah satu kebutuhan dasar yang juga harus dipenuhi,”katanya.
Ia menambahkan, pemberian bantuan ini merupakan salah satu program aspirasi dari komisi V DPR RI, bantuan bentuk lain terutama yang untuk mendukung keselamatan dijalan raya akan dikaji.
Sementara itu Ketua DPRD Temanggung Yunianto menambahkan, bantuan berupa mikrobis ini tentunya akan sangat membantu aktivitas para santri di ponpes, terutama bagi santri yang masih menempuh pendidikan formal.
“Sangat membantu dan meringankan beban, baik para santri maupun penpesnya,”katanya.(set)

Artikel Menarik Lainnya :  Harga Sejumlah Bahan Pokok di Temanggung Naik