87 Kader IMM Turut Pantau Pilkada Kota Magelang

87 Kader IMM Turut Pantau Pilkada Kota Magelang
87 Kader IMM Turut Pantau Pilkada Kota Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG– Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Magelang diterjunkan untuk turut menjadi Relawan Pemantau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kota Magelang secara independen, Rabu (9/12). Sebanyak 87 kader IMM memantau ke TPS dari awal proses pencoblosan hingga perhitungan suara.

Ahmad Fauzi selaku Ketua IMM Magelang mengatakan para relawan tersebut terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang sehingga keberadaannya legal.

“Kami terdaftar di KPU, sebagai bentuk legal formal para relawan mendapat Id Card yang dipakai saat pemantauan dimasing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS),”jelasnya.

Dikatakannya, keterlibatan teman-teman IMM sebagai relawan pemantau pilkada Kota Magelang ini menjadi ajang pendidikan politik.

“Sangat disayangkan kalau dilewatkan, hal seperti ini tidak akan kita dapatkan dibangku kuliah,’tambahnya.

Lebihlanjut, Fauzi mengatakan bahwa kegiatan ini bekerjasama dan didampingi oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang.

Iwan Indarto, Sekretaris LHKP PDM Kota Magelang membenarkan hal tersebut. IMM yang menjadi kader Muhammadiyah di Perguruan Tinggi, memiliki idealisme tinggi diharapkan dapat bersikap independen.

“Teman-teman IMM memantau sejauhmana kelancaran Pilkada di Kota Magelang. Termasuk kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan di Pilkada tahun ini yang masih dalam pandemi,” tuturnya

Hasil pemantauan dilapangan nantinya akan dilaporkan kepada KPU selaku penyelenggara Pilkada sesuai dangan hasil pemantauan dilapangan secara utuh. Nantinya diharapkan dapat menjadi masukan, kritik, dan saran agar penyelenggaraan Pilkada dimasa mendatang bisa lebih baik.

“Terimakasih kerjasama teman-teman IMM Magelang, semoga langkah ini bermanfaat sebagai wujud keterlibatan Muhammdiyah dalam politik kebangsaan,” ucapnya.

Sementara salah satu relawan, Winda tang bertugas di TPS 11 Kelurahan Potrobangsan mengungkapkan yang dikerjakan memantau cara petugas TPS menyambut para pemilih dan berlangsungnya proses pemilihan serta penghitungan suara. “Kami melihat para petugas melayani para pemilih, serta mengawasi proses pemilihan hingga penghitungan suara selesai,”katanya. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  227 Taruna tingkat IV Dikenalkan Materi Operasi Militer Perang