Paslon Incumbent Unggul Sementara, Hasil Pilbup Tunggu Keputusan KPU

PILBUP. Proses penghitungan suara Pilbup Purworejo di salah satu TPS di wilayah Kecamatan Banyuurip
PILBUP. Proses penghitungan suara Pilbup Purworejo di salah satu TPS di wilayah Kecamatan Banyuurip

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO- Proses pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Purworejo Tahun 2020 telah selesai digelar di 16 kecamatan yang terdiri atas 494 desa dan kelurahan, Rabu (9/12). Hasilnya masih harus menunggu keputusan resmi dari KPU mengingat tidak ada lembaga hitung cepat resmi yang mendaftar untuk melakukan hitung cepat di Kabupaten Purworejo.

“Di Purworejo tidak ada lembaga hitung cepat yang mendaftar ke KPU,” kata Divisi Sosdiklih, Parmas, Kampanye dan SDM KPU Kabupaten Purworejo, Akmaliyah SPd I MPd.

Meski demikian, informasi terkait perkembangan hasil suara dapat dipantau melalui website resmi KPU pusat yakni pilkada2020.kpu.go.id. Berdasarkan pantauan Purworejo Ekspres pada info publik Pilkada tersebut diketahui data masih terus bergerak. Hingga update pukul 21.57 WIB, pasangan calon (Paslon) 01 Agustinus Susanto-Kelik Rahmat Kabuli meraih 27,6 persen suara, Paslon 02 Kuswanto-Kusnomo 35,0 persen suara, dan Paslon 03 Agus Bastian-Yuli Hastuti sebanyak 37,4 persen suara. Jumlah itu berdasarkan progres 443 dari 1.901 Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau baru 23,30 persen dari total TPS.

Baca Juga
Klaim Kemenangan 64,11 Persen, Afif-Albar Bangga Tanpa Politik Uang

Sementara itu, baru satu Paslon yang mengeluarkan hasil hitung cepat internalnya, yakni Paslon 03. Dalam konfernsi pers yang dilakukan di rumah pemenangan Bayu,  pasangan petahana tersebut mengumumkan keunggulan berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan oleh tim pemenangan.

Ketua Tim Pemenangan pasangan Bayu, Kelik Susilo Ardani, didampingi partai pengusung dan pendukung, Hanura, PKS, Golongan Karya, Demokrat, menyampaikan hasil perhitungan dari 1901 TPS yang ada di Purworejo.

Berdasarkan data final yang mereka miliki, perolehan suara Paslon 01 memperoleh 28,53 persen, Paslon 02 memperoleh 35 persen, Paslon 03 unggul 36,47 persen suara.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Covid-19 di Purworejo Naik, Masih Ada Pelangggaran Prokes

“Saya meminta untuk para tim yang bertugas agar mengawal surat C1,” kata Kelik.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Purworejo yang masih mempercayakan kepada kami, para pendukung tidak perlu euforia atau arak-arakan, menjaga protokol kesehatan,” ungkap Agus Bastian. (top)