Pasien Covid-19 Jalani Isman Tetap Salurkan Hak Pilih, Petugas Pemungutan Suara Datang ke Rumah

DATANGI PEMILIH. Petugas KPPS bersama PPL, PTPS, Linmas, petugas medis, dan kepolisian mendatangi pemilih Isman yang akan melakukan pemungutan suara di rumahnya di wilayah Kelurahan Kledung Karangdalem.
DATANGI PEMILIH. Petugas KPPS bersama PPL, PTPS, Linmas, petugas medis, dan kepolisian mendatangi pemilih Isman yang akan melakukan pemungutan suara di rumahnya di wilayah Kelurahan Kledung Karangdalem.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Para pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isman) di sejumlah desa di Kabupaten Purworejo tetap dapat menyalurkan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Purworejo 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) melayani proses pemungutan suara dengan cara mendatangi rumah warga yang sedang menjalani Isman.

Pemungutan suara tersebut antara lain terpantau di wilayah RW 002 Kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip. Warga terpapar Covid-19 yang masuk dalam daftar pemilih tetap di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 didatangi oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengenakan baju hazmat serta alat pelindung diri (APD) lengkap. Proses pemungutan suara juga berlangsung di dalam bilik suara yang disiapkan khusus oleh petugas dan disaksikan oleh Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), PTPS, Linmas, serta kepolisian. Guna memastikan keamanan dan penerapan protokol kesehatan, petugas medis dari Kecamatan Banyuurip dilibatkan.

“Pemungutan suara bagi pemilih yang sedang menjalani isolasi madiri akibat positif Covid-19 ini menjadi bentuk pemenuhan hak warga negara, baik yang sehat maupun yang sakit. Seluruh tahapannya kita lakukan dengan protokol kesehatan dan sesuai prosedur dari KPU,” kata Ketua KPPS 02 Kelurahan Kledung Karangdalem, Dani Lulus Yudowijoyo.

Menurutnya, pemungutan suara di rumah pemilih yang sedang Isman tersebut merupakan permintaan dari pasien yang merupakan seorang laki-laki. Sebelumnya, saat pembagian undangan pemungutan suara, petugas KPPS telah berkomunikasi dengan yang bersangkutan dan pihak keluarga.

Baca Juga
9 Pasien Nyoblos di RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo

“Sebenarnya ada 2 orang yang isolasi, tapi yang satunya yaitu sang istri menjalani perawatan di rumah sakit,” sebutnya.

Usai melakukan pencoblosan di teras rumah, bilik suara dan surat suara dibawa kembali oleh petugas berbaju hazmat ke TPS. Sterilisasi pun langsung dilakukan menggunakan disinfektan. Seluruh perangkat protokol kesehatan, khususnya baju hazmat yang dipakai langsung dimusnahkan.

Artikel Menarik Lainnya :  Penumpang Kereta Api Dibatasi 70 Persen

“Untuk surat suara kita pisah dengan bungkus plastik, bilik suaranya juga langsung kita sterilkan,” jelasnya.

Sementara itu, Divisi Sosdiklih, Parmas, Kampanye dan SDM KPU Kabupaten Purworejo, Akmaliyah SPd I MPd, saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa layanan pemungutan suara bagi pasien Covid-19 Isman memang telah dipersiapkan oleh KPU. Sebelumnya telah ada koordinasi dengan PPS desa/kelurahan terkait perlengkapan APD yang diperlukan.

“Jadi seluruh perlengkapannya memang kita siapkan, tapi jumlahnya tiap TPS tidak sama, bergantung kebutuhan. PPS juga sudah kita bekalai terkait tata cara atau prosedurnya,” ungkapnya.

Akmaliyah menambahkan, layanan pemungutan suara pada masa pendemi tidak membeda-bedakan. Namun, prosedur khusus memang harus diterapkan demi mencegah penyebaran covid-19.

“Pasien yang sakit bisa dan menjalani perawatan  di rumah sakit juga kita fasilitasi untuk menyalurkan hak pilihnya. Kita berharap Pilbup dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini tidak menjadi pemicu penambahan kasus Covid-19,” tandasnya. (top)