Dukung Pencapaian Eliminasi TBC, Tingkatkan Kapasitas Kader Desa

Dukung Pencapaian Eliminasi TBC, Tingkatkan Kapasitas Kader Desa
Dukung Pencapaian Eliminasi TBC, Tingkatkan Kapasitas Kader Desa

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Dalam Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) yang dijalankan Fikes

digelar pelatihan kader TBC di Dusun Nabin Kulon, Desa Purworejo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, belakangan ini. Bersama kader desa setempat, mahasiswa juga turut menyimak materi yang disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang.

Ketua PPTM di wilayah tersebut, Priyo mengatakan, tim melakukan pelatihan selama 4 hari. Hari pertama dan kedua melakukan kegiatan penyuluhan yang diberikan Dinas Kesehtan tentang TBC kepada kader-kader pilihan desa.

“Hari ketiga pemantapan materi dengan diadakan pretest dan posttest. Selanjutnya hari ke empat kader desa yang berjumlah 15 orang tersebut terjun langsung dengan mengunjungi rumah warga yang dekat dengan sekitar rumah penderita TBC yang didampingi mahasiswa dan bidan desa,” jelasnya.

Kesempatan itu, kader melakukan pendataan dengan form penilaian kesehatan untuk mengetahui peningkatan kesadaran dalam pencegahan penyakit TBC.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan kepada kader-kader pilihan desa yang memang ditunjuk sebagai kader TBC, agar pengetahuan dan skill meningkat dan dapat disebarkan pada masyarakat lainnya,” tandasnya.

Disampaikan, edukasi tentang pencegahan TBC dan tentang memutus mata rantai penularan covid-19. Edukasi ini agar masyarakat selalu menjaga imunitas dan mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Selain itu ada kegiatan Mahasiswa Unimma yang juga membantu warga dengan meningkatkan pengetahuan tentag TBC, serta mengajak masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan mengajarkan cara benar mencuci tangan, dan membagikan masker kepada masyarakat,” katanya. (adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Ingin Gelar Hajatan? Ini Petujuk dari Satpol PP Kota Magelang