Santri dan Panwaslu Purworejo Sebar Ratusan Masker, Covid-19 Mengkhawatirkan

BAGIKAN. Sejumlah santri dan Panwaslu Kecamatan Pituruh bersinergi membagikan ratusan lembar masker kepada warga di titik keramaian di sekitaran Pituruh,
BAGIKAN. Sejumlah santri dan Panwaslu Kecamatan Pituruh bersinergi membagikan ratusan lembar masker kepada warga di titik keramaian di sekitaran Pituruh,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Mengganasnya Covid-19 di Kabupaten Purworejo semakin mengkhawatirkan dan menimbulkan keprihatinan berbagai pihak. Apalagi pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Purworejo 2020 akan digelar sebentar lagi, yakni pada 9 Desember.

Keprihatinan sekaligus bentuk antisiapasi penyebaran Covid-19 antara lain ditunjukkan oleh sejumlah santri dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pituruh. Mereka bersinergi membagikan ratusan lembar masker secara gratis kepada warga yang berada di titik keramaian di sekitaran Pituruh dalam beberapa hari terakhir.

Ketua Keluarga Santri Kecamatan Pituruh, Abdul Aziz, menyebut kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Santri kepada Panwaslu Kecamatan dan Bawaslu untuk penyelenggaraan pemilu yang aman dan bebas dari Covid-19. Menurutnya, santri harus berperan aktif dalam penyelenggaraan pemilu karena santri berpedoman bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

“Saya selaku Ketua di Kasap (Keluarga Santri Pituruh) bersama santri-santri yang ada di Pituruh ini dengan bekerja sama dengan beberapa alumni pesantren berupaya memberikan kontribusi semaksimal mungkin pada penyelenggaraan Pilkada tahun ini,” kata Abdul Azis didampingi Korlap Agus Hermawan yang merupakan santri Alumni Pesantren Al-Iman Bulus Kecamatan Gebang, Senin (7/12).

Baca Juga
Raperda Keolahragaan Harapan Baru Dunia Olahraga, Insan Olahraga Diundang Publik Hearing

Aksi yang berlangsung sejak pagi tersebut menyasar keramaian pada titik nol Kecamatan Pituruh, sekitaran kompleks kecamatan, Pasar Pituruh dan beberapa titik keramaian yang dikhawatirkan menjadi tempat persebaran Virus Covid-19.

Untuk diketahui, persebaran Covid-19 di Purworejo makin tak tak terbendung, terbukti dari identifikasi Klaster di Purworejo sudah ditiadakan. Hampir semua kecamatan di Purworejo sudah masuk kedalam zona merah menyusul Covid-19 di Jateng menjadi yang terbanyak beberapa waktu yang lalu mengalahkan beberapa provinsi lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Gugatan Pembangunan Bendungan Bener Purworejo Tinggal Putusan

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Pituruh, Nanang SE mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapreasiasi inisiatif dari para santri tersebut. Pihaknya juga mendorong elemen masyarakat yang lain untuk ikut berpartisipasi pada penyelenggaraan Pilkada tahun ini.

“Saya sudah memerintah atau mengajak semua anggota Panwas untuk terjun bersama dalam kegiatan ini. Kita sangat apresiasi kepada santri yang mana kegiatan ini juga baik untuk Pilbup yang damai dan patuh protokol kesehatan,” ungkapnya. (top)