KPU Wonosobo Selesaikan Distribusi Logsitik Pilkada

LOGISTIK. Petugas KPU tengah membawa logistik untuk dimasukkan ke dalam truk dan didistribusikan ke setiap desa.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Jelang sehari pilkada serentak tahun 2020, KPU Wonosobo menyelesaikan pengiriman logistik ke seluruh TPS. Distribusi tersebut ada yang langsung dikirim ke TPS dan ada yang dititipkan sementara di kecamatan. Logistik akan dikirim ke 265 desa dengan pengawasan dari di tim gabungan.

” Tanggal 7 hingga 8 Desember 2020, ini pengiriman logistik kita bagi ke desa.  Kita sudah masuk tahapan finishing, proses pengiriman di bawah pengawasan KPU, Bawaslu, Satpol dan aparat keamanan,” ungkap Ketua KPU Wonosobo  Asma Khozin (7/12).

Menurutnya, pengiriman logistik tersebut menggunakan mobil bak tertutup. Sehingga barang dijamin aman sampai di lokasi tujuan. Apalagi kondisi saat ini di Kabupaten Wonosobo masih sering terjadi hujan , yang biasanya mulai dari pagi hari.

“Semua sudah ada standarnya, jadi dalam pola pengiriman kita juga tidak asal-asalan. Kita tidak berani mengambil resiko dengan mengirimkan logistik menggunakan kendaraan terbuka. Semua pengiriman wajib menggunakan mobil tertutup,” jelasnya.

Pengiriman logstik bukan hanya ke sejumlah desa saja. Namun juga dilakukan ketempat yang memiliki jumlah pemilih relatif banyak. Seperti di rumah sakit, tempat karantina dan sejumlah pondok pesantren.

Untuk pengiriman dua tempat, RS dan tempat karantina itu KPU bakal dibantu dengan Dinas kesehatan dengan menyiapkan dua TPS. Namun untuk Ponpes sendiri,  masih  cukup kesulitan sebab ada beberapa ponpes yang lebih dari 500 jiwa pemilih.

“Paling tidak kita akan menempatkan 10 hingga 12 TPS disana. Tapi sekali lagi, itu harus melihat kapasitas surat suara. Jika surat suara itu telah habis ya akan kita tambah,” terangnya.

Selain itu, waktu pencoblosan yang dilakukan ditempat-tempat tersebut akan dilakukan pada siang hari. Tepatnya pada pukul 12.00 hingga 02.00 siang. Hal ini lantaran jumlah tenaga KPPS harus bisa bergantian. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! Ada Potensi Ledakan Kasus Covid-19 Gelombang Ketiga di Wonosobo