Karya Bhakti, TNI dan Masyarakat Temanggung Bangun Bak Penampung Air

DIRESMIKAN. Bak penampung air sebagai hulu saluran air bersih diresmikan
DIRESMIKAN. Bak penampung air sebagai hulu saluran air bersih diresmikan

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Pembangunan bak penampung air dan sarana lainnya di Dusun Trocoh Desa Lempuyang Kecamatan Candiroto menggunakan anggaran Dana Desa sebanyak kurang lebih Rp200 juta.

Kepala Staf Kodim Mayor Inf Husain Samaun mengatakan, anggaran tersebut khusus untuk membeli bahan bangunan dan peralatan lainnya, tidak untuk membayar tenaga kerja. Karena tenaga kerja dari anggota Kodim 0706 Temanggung bekerja sama dengan masyarakat sekitar.

Dengan karya bhakti seperti ini selain bisa menghemat anggaran, juga untuk mempertahankan budaya leluhur yakni gotong royong.

“Kemanungalan TNI dengan masyarakat semakin kuat, kami siap membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” katanya, usai meresmikan bak saluran air dan prasarana lainnya di desa setempat, Senin (7/12).

Menurutnya, kegiatan ini adalah program dari komando satuan atas yaitu Karya Bhakti TNI. Ini merupakan suatu bentuk sinergitas antara TNI dengan masyarakat setempat yaitu pembuatan bak penampung dan jaringan air untuk masyarakat di Desa Lempuyang, sehingga terpenuhi air bersih di rumah masing-masing.

Baca Juga
17 Guru di Temanggung Positif Covid-19, Aktivitas 3 Sekolah Dihentikan

Ia juga berharap dengan adanya bak penampungan dan jaringan air ini masyarakat Desa Lempuyang bisa menikmati air bersih sehingga masyarakat tidak perlu lagi mencari sumber air bersih dan kebutuhan air di rumah-rumah warga dapat terpenuhi.

“Setidaknya bisa semakin meringankan beban masyarakat, tidak perlu lagi ke sumber mata air, tapi air bersih sudah sampai ke masing-masing rumah penduduk,” terangnya.

Selain di desa tersebut lanjutnya, program yang sama juga dilaksanakan di Kecamatan Kandangan, yakni membangun jalan dengan rabat beton yang volumenya 400 an meter.

“Anggaran yang digunakan juga sama, pengerjaannya juga sama,” ujar Husain.

Artikel Menarik Lainnya :  50 Penyandang Disabilitas di Temanggung Ikuti Pelatihan Vokasional

Andi Prayitno Kepala Desa Lempuyang menyampaikan rasa terima kasih atas segala bantuan baik dari segi administrasi maupun tenaga, sehingga karya bhakti ini bisa selesai tepat waktu dan tanpa kurang suatu apapun meskipun cuaca saat ini sangatlah tidak menentu.

“Kami sangat terbantu, dengan anggaran yang ada bisa membangun fasilitas yang lebih kepada masyarakat,” sambutnya. (set)