Brio, Peraih Medali Emas Jogja Open Math Science

EMAS. Peraih medali emas Jogja Open Math Science, Hafidz Brio Pratama
EMAS. Peraih medali emas Jogja Open Math Science, Hafidz Brio Pratama

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang, Hafidz Brio Pratama mendapatkan medali emas dalam Jogja Open Math Science Competition 2020. Kompetisi yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 itu dilakukan secara daring.

Laki-laki usia 8 tahun yang biasa dipanggil Brio ini mengikuti kompetisi karena mendapatkan informasi dari sekolah. Dia kemudian mendaftarkan secara online.

Setelah lolos seleksi awal, dia lalu melanjutkan kompetisi berikutnya yang diikuti siswa lainnya dari Jakarta, Surabaya, Solo, Jogjakarta, dan Semarang.

Di laga final, Brio yang merupakan putera dari, Arif Budy Pratama (35) dan Siti Winarsih (35), memperoleh medali emas serta menyisihkan peserta lainnya. Saat ini, medali emas tersebut masih dalam proses pengiriman.

“Nah untuk yang kompetisi ini, istri saya tahu-tahu mendaftarkan biar buat latihan. Ekspektasi pertama juga tidak untuk menang, tapi hanya untuk aktivitas pembaharuan pengetahuan,” kata Arif Budy.

Ia pun bangga dengan prestasi putranya. Apalagi Brio memang dikenal penyuka IPA dan sains.

“Selain di sekolah, senang baca majalah sains. Di rumah juga kami langganan majalah tentang IPA,” tuturnya.

Brio mengaku, dalam kompetisi ini mengerjakan 25 soal. Terdiri dari 22 soal pilihan ganda dan 3 soal esai. Ia mengaku, sempat kesulitan saat mengerjakan soal-soal tersebut.

“Yang esai ada kayak metamorfosis, tumbuhan sama makhluk hidup dan foto sintesis. Susah, tapi bisa mengerjakannya,” kata Brio.

Brio yang bercita-cita menjadi Ilmuwan Biologi tersebut baru mengetahui menjadi juara pertama dan mendapatkan medali emas sebelum mengikuti ujian di sekolah.

“Waktu mau ujian sekolah baru dikasih tahu,” katanya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang, Mustaqim mengaku, ikut berbangga atas prestasi yang diraih salah satu siswanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Gagal Pertahankan Zona Hijau, Kelurahan Wates Magelang Utara Tetap Dapat Penghargaan

“Kami ikut berbangga atas prestasi yang diraih Mas Brio sebagai siswa SD Mutual 2 ini. Yang mana SD Mutual 2 karena sekolah baru, tapi Alhamdulillah sudah ada beberapa anak yang menorehkan prestasi dan bahkan bisa dikatakan nasional,” ujarnya. (wid)