Masyarakat Harus Percaya, Bupati Temanggung : Covid-19 itu Benar-benar Ada

Foto : Bupati Temanggung M Al Khadziq
Foto : Bupati Temanggung M Al Khadziq

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Virus korona atau Covid-19 itu benar-benar ada dan nyata. Oleh karenanya masyarakat harus mempercayai dan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebarannya.

“Korona atau covid-19 itu benar-benar ada dan berbahaya, m

“Masyarakat jangan sampai lengah menghadapi covid ini. Harus semakin disiplin protokol kesehatan,” ujar Bupati Temanggung M Al Khadziq, kemarin.

Bupati mengaku sangat heran dengan kondisi masyarakat saat ini. Ketika ada bantuan karena dampak dari Covid-19 masyarakat percaya, namun ketika dijelaskan bahayanya masih ada keraguan besar.

“Saya heran dengan masyarakat yang seolah-olah sudah tidak percaya dengan Covid-19, tetapi pada bantuan Covid-19 semua percaya. Saya mengajak bahwa Covid-19 benar-benar ada di masyarakat dan betul-betul berbahaya, sehingga semua orang harus menghindarinya,” terang Bupati.

Tidak hanya itu sebelumnya Bupati juga meminta pada semua masyarakat tetap disiplin pada protokol kesehatan. Pemerintah desa untuk memperkuat Satgas Covid-19 dan mendisiplinkan warganya pada protokol kesehatan.

“Jogo tonggo di setiap RT/RW untuk diaktifkan, dan ditingkatkan lagi kinerjanya,” pintanya.

Bupati juga memerintahkan pertama kalau ada warga yang dinyatakan positif Covid-19, Satgas Jogo Tonggo dan pemerintrah desa untuk mengawasi supaya disiplin menjalankan isolasi dan tidak keluar rumah berinteraksi dengan masyarakat.

Kedua, pada pemerintah desa dan Satgas Jogo Tonggo setiap RT/RW untuk membantu petugas dari puskesmas manakala melakukan tracing dan swab pada kontak erat warga terpapar.

Baca Juga
Update Kasus Positif Covid-19 di Magelang, Tambah 78 Orang, Terbanyak dari Mertoyudan

Ketiga pada Satgas Jogo Tonggo dan pemdes agar pada kegiatan masyarakat seperti hajatan, pengajian dan lainnya untuk disipin menerapkan protokol kesehatan.

“Satgas harus semakin mendisiplinkan masyarakat, sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bisa semakin optimal,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Covid-19 di Kota Magelang Melonjak, Hotel Borobudur dan Safira Digunakan untuk Isolasi

Menurut Bupati, akan percuma kerja Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten yang senantiasa bekerja terus tetapi tidak didukung oleh semua masyarakat. Kerja yang dilakukan tidak akan berhasil.

“Kinerja Satgas Covid-19 tetap butuh dukungan semua pihak, termasuk masyarakat dalam mematuhi disiplin protokol kesehatan,” tandasnya.

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencucitangan. (set)

#satgascovid19 #ingatpesanibu#pakaimasker #jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabu