Bantuan dari Pemkot Magelang Terus Mengalir, Kali ini untuk Petani dan Peternak

KEBERLANGSUNGAN. Pemkot Magelang terus mengalirkan bantuan kepada masyarakat, termasuk petani dan peternak di tengah pandemi Covid-19, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Bantuan dari Pemkot Magelang di masa pandemi Covid-19 ini terus mengalir. Kali ini, bantuan diberikan kepada Kelompok Tani (Poktan), Tim Penggerak PKK, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakkan), dan peternak se-Kota Magelang. Mereka diberi pembinaan terkait penerapan adaptasi kebiasaan baru, serta bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE).

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan, adanya bantuan yang terus mengalir ini diharapkan mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir ini. Ia meminta, penggunaan bansos ini dilakukan secara bijak, untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

”Bantuan tidak hanya diberikan kepada kalangan tertentu saja, tetapi terus mengalir, bahkan ke petani, peternak, PKK, dan lain sebagainya. Ini wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya untuk mengurangi beban di tengah pandemi,” kata Sigit usai menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan penerima bantuan di Gedung Kyai Sepanjang, Magelang Tengah, akhir pekan lalu.

Bantuan yang dibagikan antara lain 153 paket kepada 28 poktan. Tiap paket berisikan 1 kilogram benih kacang panjang, 1 kilogram benih buncis, 150 kilogram pupuk kandang, 1 botol pupuk cair organik, 1 kilogram NPK, dan 400 batang lanjaran.

Kemudian, 17 paket bantuan kepada perwakilan TP PKK Kelurahan, berisi media tanam, pupuk benih, bibit dan polybag. Lalu, 11 paket bantuan kepada Pokdakkan masing-masing berisi 10 kilogram benih ikan, 240 kilogram pakan ikan, serta 1 paket sarana produksi perikanan.

Sementara para peternak juga menerima paket bantuan, berupa pakan sebanyak 250 kilogram untuk 2 orang peternak sapi perah dan 19 orang peternak sapi potong, serta 125 kilogram per orang untuk 5 orang peternak kelinci.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko menyebutkan, maksud dari pemberian bantuan ini adalah untuk membantu usaha budidaya dan peningkatan produksi guna berkontribusi dalam ketersediaan pangan di wilayah setempat.

Artikel Menarik Lainnya :  Pemkot Magelang kembali Siapkan Hotel Sebagai Tempat Isolasi Covid-19

”Harapannya, bantuan ini bisa bermanfaat sebaik-baiknya untuk usaha budidaya, produksi meningkat, dan membantu ketersediaan pangan di Kota Magelang,” tuturnya. (wid)