Sejumlah Warga Positif Covid-19, Delapan Dusun di Kedu Disemprot Desinfektan

SEMPROT. Satgas Covid-19 Desa Karangtejo melakukan penyemprotan desinfektan di 8 Dusun di Desa setempat 
SEMPROT. Satgas Covid-19 Desa Karangtejo melakukan penyemprotan desinfektan di 8 Dusun di Desa setempat 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Desa Karangtejo, Kecamatan Kedu, Temanggung melakukan penyemprotan desinfektan. Menyusul sejumlah warga setempat dinyatakan positif terkonfimasi Covid-19.
Kepala Desa setempat Muhammad Atang menjelaskan penyemprotan mengerahkan sejumlah personil Satgas Covid dengan memakai pakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, mereka menyasar delapan dusun yang berada di bawah Pemerintahan Desa Karangtejo.
“Satgas menyasar 8 dusun yakni Dusun Pongangan, Siwur, Wirodono, Wirosari, Delok, Krajan Timur, Krajan Barat dan Gamelan,” terangnya Kamis (3/12).

Menurutnya, penyemprotan dengan menggunakan cairan desinfektan ini sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyebaran covid-19 di Desanya, menginggat dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir ini ada sejumlah warganya yang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Dikatakan, penyemprotan tidak hanya dilakukan ditempat-tempat yang biasa sebagai tempat aktivitas dari sejulah warga yang terkonfrimasi positif Covid-19, namun dilakukan disemua tempat.
“Hanya ada beberapa warga kami, tapi sebagai salah satu langkah antisipasi. Penyemprotan ini kami lakukan merata diseluruh wilayah diDesa kami. lorong-lorong dusun termasuk tempat-tempat ibadah, balai pertemuan, pos Kamling menjadi sasaran penyemprotan,”terangnya.

Ia mengatakan, sebagian warga terpapar Covid-19 did esanya adalah dengan dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Dengan adanya warga yang terkonfirmasi Covid, kemudian dilakukan tracing anggota keluarga terpapar kontak dekat dilakukan swab tes di Fasilitas Kesehatan Kecamatan Kedu.
“Warga kami yang dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19 saat ini menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari satgas Covid-19,”katanya.

Baca juga
Finishing Kesiapan Pencoblosan, Pengiriman Logistik Selesai 8 Desember

Muhammad Atang menambahkan, pihak Pemerintah Desa melalui Satgas Covid selalu menekankan kepada seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun air mengalir dan menjaga jarak menghindari kerumunan. “Dengan mematuhi protokol kesehatan, Insyallah bisa memutus mata rantai penyebaran virus korona . Warga bisa hidup sehat dan nyaman,”katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Napi di Lapas Cilegon Kendalikan 1,1 Ton Sabu

Ia menambahkan, selama menjalani karantina atau isolasi mandiri, Satgas covid-19 dan jogo tonggo di Desanya, selalu melakukan pengawasan. Selain itu juga memberikan bantuan kepada warga agar tetap disiplin menjalankan isolasi mandiri.
“Pengawasan kami lakukan secara bergilir, satgas kami jadwal agar pengawasan lebih maksimal,”katanya.
Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (set)
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun