Magelang Cerdas Luncurkan Fitur Kuliner dan Produk UMKM

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Fitur baru hadir dalam program digitalisasi layanan masyarakat Kota Magelang. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) setempat menambah fitur belanja dan kuliner di aplikasi Magelang Cerdas.

“Dengan tambahan fitur ini diharapkan bisa memberikan kemudahan masyarakat untuk berbelanja dan berkuliner,” kata Kepala Diskominsta Kota Magelang, Suryantoro, kemarin.

Ia menyebutkan, fitur-fitur itu mencakup kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas). Dalam menjalankan program tersebut, Diskominsta bekerja sama dengan paguyuban pedagang di Pasar Kebonpolo, dan semua pedagang kaki lima (PKL) yang telah terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang.

“Yang pertama adalah kemudahan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan ini sehingga harapannya bisa mendongkrak penjualan mereka. Terutama para PKL dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” tuturnya.

Menurutnya, aplikasi ini cocok digunakan selama pandemi Covid-19. Sebab, masyarakat bisa berbelanja tanpa harus bepergian. Barang yang diinginkan pun bisa diantar sampai tujuan dan tidak menyebabkan kerumunan.

“Pembayaran belanja langsung ke pelaku usaha. Tidak ada finansial teknologi. Pembayarannya tunai saat barang diterima,” ujarnya.

Suryantoro mengatakan, tiap kali menerima pesanan, pelaku UMKM mendapat keuntungan tambahan. Pasalnya, mereka akan mendapatkan biaya pengiriman.

“Fitur baru ini diharapkan bisa menggeliatkan PKL dan UMKM saat pandemi Covid-19. Tidak perlu berkerumun,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Teknologi Informatika Diskominsta Kota Magelang Wikan Kanugroho menambahkan, pihaknya sedang menyiapkan fitur baru lainnya. Seperti fitur Tanya Dokter. Menurut rencana, Desember ini sudah bisa dimanfaatkan.

“Jadi fitur Tanya Dokter ini untuk memudahkan masyarakat bisa konsultasi ke dokter. Bahkan bisa juga psikiater dan psikolog seputar kesehatan,” imbuhnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Angka Pegangguran di Kota Magelang Terus Naik