Pemkab Wonosobo Gandeng Toga dan Tomas Merawat Toleransi

DIALOG. Sarasehan dan Dialog Kerukunan antar umat beragama
DIALOG. Sarasehan dan Dialog Kerukunan antar umat beragama

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Pemkab Wonosobo menggandeng tokoh agama (toga) tokoh masyarakat (tomas) dan ormas untuk merawat toleransi dan kerukunan di tengah masyarakat. Karena kerukunan dan toleransi bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja yang merawatnya sendiri, melainkan harus bersama-sama.

“Hanya masyarakat yang mampu merawat kerukunan dan toleransi, pemerintah memfasilitasi, maka upaya untuk mensinergikan itu harus dilakukan,” ungkap Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo dalam pembukaan Sarasehan dan Dialog Kerukunan antar umat beragama .

Menurutnya, para tokoh lintas agama dan masyarakat, benar-benar memanfaatkan forum yang ada, untuk berdiskusi dan berbagi informasi, serta mensinergikan visi dan pemikiran. Tidak hanya terkait kerukunan hidup bermasyarakat dan kerukunan antar umat beragama saja, namun juga dalam berbagai hal, yang menyangkut pembentukan moral dan karakter masyarakat, ke arah yang lebih baik. Utamanya untuk generasi muda penerus, agar menjadi generasi emas yang mengantarkan Wonosobo semakin maju, berdaya dan sejahtera.

“Kerukunan umat beragama yang sudah terbangun dengan baik di Wonosobo selama ini, dapat terus dipertahankan kualitas dan kuantitasnya, agar persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat dan kokoh. Apalagi dalam menghadapi Pilkada 9 Desember mendatang,” pintanya.

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen untuk saling mengingatkan dan saling menghargai, supaya terjadi keharmonisan dan kedamaian dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Selain itu, ia meminta kepada seluruh tokoh agama, masyarakat dan pimpinan ormas untuk selalu mengingatkan masyarakat dan umatnya, agar selalu menerapkan protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun, mengingat kenaikan pasien terkonfirmasi positif semakin tinggi. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Putus Penyebaran covid-19, Pemkab Wonosobo Gelar Penyemprotan