Dongkrak Produk UMKM, Tim PPMT Unimma Optimalkan Medsos

Dongkrak Produk UMKM, Tim PPMT Unimma Optimalkan Medsos
Dongkrak Produk UMKM, Tim PPMT Unimma Optimalkan Medsos

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) menyasar ke berbagai wilayah. Termasuk di Dusun Kertosari, Desa Pancuranmsas, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Di wilayah ini menjadi salah satu fokus tim untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial (medsos) oleh UMKM di era pandemi covid-19.

Di dusun tersebut tim beranggotakan Dwi Susanti, S. Ikom,. M.A (dosen), dan mahasiswa  Surya Rizki Setiawan (Ilkom), Patra Ichsan Mahendra (Ilkom), Rizki Wahyu Dwi Saputro (Teknik Industri), Ade Nola Saputri (PGSD), Pramita Anisa Asidiqi S (PGSD). Mereka melakukan pelatihan media sosial di Dusun Kertosari guna peningkatan UMKM.

“Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di masa pandemi ini dan juga pengetahuan tentang teknologi masa kini” kata Dwi Susanti.

Dalam pelaksanaan pelatihan tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

Dijelaskan dengan pengoptimalan media sosial ini untuk membantu bisnis kecil menemukan konsumen baru yang potensial di masa pandemi.  Apalagi dengan menggunakan Facebook ataupun Instagram yang dapat mudah untuk diakses dan dioperasikan.

“Kami berharap masyarakat dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga dapat menstabilkan kembali perekonomimian UMKM yang sudah berjalan sebelumnya walaupun dalam masa pandemi seperti ini” tambah Ade Nola.

Program  ini diawali dengan survei dan permasalahan yang ada saat ini yang dimulai pada bulan September 2020. Dari masalah yang ada UMKM mengalami penurunan pendapatan yang signifikan masa pandemi covid-19.

“Tercetus tentang pengoptimalan media sosial ini diharapkan UMKM yang ada di Dusun Kertosari dapat memanfaatkan pengalaman dan juga pengetahuan yang akan kami sampaikan pada pelatihan” tambah salah satu mahasiswa Pramita Anisa. (adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Layanan Akta Kelahiran Di Kota Magelang Masuk Nominasi Juara Nasional