Covid-19 Mengganas, IGD RSUD Tutup Sementara

Foto: RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo.
Foto: RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Mengganasnya Covid-19 mengakibatkan tertaparnya sejumlah tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo.  Kondisi itu disikapi oleh Pemkab Purworejo bersama manajemen RSUD untuk menutup sementara layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga beberapa hari ke depan.

Kasi Pelayanan 1 RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo, Suyatman AMK SE MM, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penutupan sementara layanan IGD itu telah disampaikan oleh Plt Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo, dr Kuswantoro MKes, melalui surat resmi kepada Pjs Bupati Purworejo tertanggal 2 Desember 2020.

Dalam salinan surat yang diterima Purworejo Ekspres disebutkan 2 dasar penutupan layanan IGD. Pertama, meningkatnya jumlah tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo yang terkonfirm Covid- 19. Kedua, hasil Keputusan Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo pada hari Rabu tanggal 2 Desember 2020 pukul 15.00 – 16.30 WIB di Ruang Kerja Sekda Purworejo yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo dan dihadiri instansi terkait.

Dalam surat tersebut juga dirincikan beberpa tenaga medis dan nonmedis yang terpapar Covid-19. Di IGD terdapat 1 orang dokter dan 3 orang perawat. Di Instalasi Intensive care unit terdapat 1 orang dokter dan 4 orang perawat. Di Instalasi Rawat Jalan terdapat 1 orang dokter. Di Instalasi Penyuci Hama terdapat 1 orang pelaksana. Di Instalasi Radiologi terdapat 1 orang dokter. Berikutnya Bangsal Melati terdapat 2 orang perawat terkonfirmasi positif.

Baca Juga
Kasus Positif Covid-19 di Temanggung Terus Meningkat, Bupati : Banyak Masyarakat Gelar Hajatan

Menyikapi kondisi tersebut diputuskan beberapa langkah sebagai antisipasi mencegah bertambahnya tenaga medis dan non medis yang terkonfirm covid-19 serta untuk memutus rantai penularan baik antara petugas, maupun petugas dengan pasien/keluarga/masyarakat.

Pertama, pemeriksaan swab masal kepada seluruh karyawan-karyawati dari tenaga medis, non medis sampai Satpam dan cleaning service pada tanggal 30 November sampai dengan 2 Desember 2020. Kedua, Penutupan sementara layanan IGD dari hari Kamis tanggal 3 Desember hingga Minggu 6 Desember 2020 pukul 00.00 WIB.

“Untuk sementara pelayanan IGD dialihkan ke Rumah Sakit sekitar,” kata Plt Direktur RSUD sebagaimana tertulis dalam surat.

Meski demikian, pelayanan lain di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo tetap buka seperti biasa.

Virus Covid-19 masih ada, maka masyarakat diimbau harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencucitangan.(top)

#satgascovid19 #ingatpesanibu#pakaimasker #jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun