Longsor, Akses Jalan Sambungrejo – Nipis Terancam Putus

LONGSOR. Tanah longsor terjadi di Dusun Sambungrejo, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, berdampak pada akes jalan antar Desa Sambungrejo - Nipis.
LONGSOR. Tanah longsor terjadi di Dusun Sambungrejo, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, berdampak pada akes jalan antar Desa Sambungrejo - Nipis.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Sambungrejo, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag pada Selasa (1/12/2020). Di wilayah tersebut hujan turun dua jam sebelum kejadian longsor.

“Dampak tanah longsor tersebut, mengancam jalan penghubung antar Desa Sambungrejo – Nipis,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Adapun kronologi kejadian tersebut diawali dengan hujan dengan intensitas ringan – sedang di Wilayah Kecamatan Grabag sejak Pukul 14.30 WIB hingga sore hari. Dampaknya tebing setinggi ± 25 meter sepanjang 12 meter longsor dengan dimensi ketebalan material 2- 5 meter.

“Saat ini lokasi diberi rambu darurat berupa tali pembatas, sebagai upaya penanganan awal. Selain itu juga dilakukan Assesment oleh TRC Kecamatan Grabag, Koordinasi dengan Pemdes,” papar Edi.

Selain itu juga terjadi tanah longsor di Dusun Semawang, Desa Balerejo, Kecamatan Kaliangkrik, pada Selasa (1/12/2020) pukul 15.00 WIB.

Dengan kronologi kejadian diawali dengan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di Wilayah Kecamatan Kaliangkrik sejak pukul 14.30 WIB hingga sore hari. Akibatnya tersumbatnya drainase menyebabkan luapan air di Jalan Dusun Semawang, sehingga luapan air hujan mengikis talud jalan Dusun Semawang.

“Akibatnya talud tebing jalan setinggi ± 10 meter dengan panjang ±10 meter longsor dan material longsoran mengenai  rumah milik Bapak Suyanto dan membahayakan bagi pengguna jalan Dusun Semawang – Dusun Sedayu. Saat ini lokasi diberi rambu darurat berupa tali pembatas dan pada Rabu (2/12/2020) akan dilakukan kegiatan kerja bakti pembersihan material longsoran yang melibatkan ± 60 personil,” terang Edi.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Dandim 0705 Magelang Minta Posko PPKM Tak Kendor Ingatkan Masyarakat