GOR Samapta Disiapkan untuk Isolasi, Bila Hotel dan RS Penuh

ISU. GOR Samapta, Gelora Sanden, disiapkan jadi tempat isolasi pasien Covid-19, bila hotel dan rumah sakit di Kota Magelang telah penuh.
ISU. GOR Samapta, Gelora Sanden, disiapkan jadi tempat isolasi pasien Covid-19, bila hotel dan rumah sakit di Kota Magelang telah penuh.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Setelah memanfaatkan salah satu hotel sebagai lokasi isolasi pasien tanpa gejala dan bergejala ringan, Pemkot Magelang kembali berencana membuka GOR Samapta, Gelora Sanden, sebagai lokasi isolasi baru. Rencana ini ditengarai meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah ini sehingga beberapa rumah sakit rujukan nyaris penuh.

”Iya, baru rencana. Karena sudah ada hotel,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto, Selasa (1/12).

Sebelumnya, Pemkot Magelang telah menyediakan sebuah hotel untuk menampung pasien positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Hotel berkapasitas 70 orang itu berada di Jalan A Yani Kota Magelang.

”Hotel tersebut sempat penuh tapi saat ini sisa beberapa tempat tidur yang dipakai pasien. Sudah mulai longgar,” jelasnya.

Majid menambahkan, pada infografis perkembangan Covid-19 Kota Magelang yang dimuat di laman resmi covid19.magelangkota.go.id kini ditambah kolom ”terpusat” dan ”dirumah” untuk pasien terkonfirmasi positif.

Baca Juga
Pemkab Temanggung Siapkan Gedung BLK untuk Perawatan Covid-19

Kolom terpusat menandakan bahwa pasien tersebut tengah menjalani isolasi di hotel. Sedangkan di rumah, yakni mereka yang positif dan menjalani isolasi mandiri (di rumah).

”Update per 29 November. Terpusat ini menjelaskan pasien bergejala ringan atau OTG (orang tanpa gejala) yang menjalani isolasi di hotel,” kata Majid.

Data terkini per 1 Desember 2020 pukul 12.00 WIB, tercatat ada 655 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah ini. Mereka meliputi dirawat 29, isolasi 129, terpusat 2, dirumah 127, sembuh 457, dan meninggal dunia 40 orang.

Adapun rumah sakit yang menjadi rujukan adalah RSUD Tidar, RST Dr Soedjono, RSJ Prof Dr Soerojo, dan RS Budi Rahayu. Ke-empat rumah sakit ini tidak hanya merawat pasien yang berasal dari Kota Magelang saja, tapi juga luar daerah.

Artikel Menarik Lainnya :  Tak Patut Dicontoh. Harusnya Menjaga, Oknum Satpam Malah Mencuri

Sementara itu, Kepala UPT Gelora Sanden, Kota Magelang, Bayu Saputro saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Gelora Sanden tetap beroperasi seperti biasanya. Ia memastikan sejauh ini belum ada koordinasi terkait rencana pembukaan GOR Samapta sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

”Jika memang akan dijadikan tempat karantina, otomatis Pemkot Magelang akan mempersiapkan segala sesuatunya agar terkondisikan dengan baik. Tapi untuk saat ini, masih terlalu dini jika mengatakan GOR Samapta telah dijadikan lokasi karantina karena melonjaknya kasus Covid-19,” ucapnya.

Bayu berharap, warga tidak membuat heboh isu ini. Apalagi, ihwal ini masih bersifat wacana.

”Saya harap warga cerdas tidak membesar-besarkan apalagi diteruskan di media sosial, karena dapat menimbulkan keresahan warga sekitar Gelora Sanden,” tuturnya. (wid)